Ilustrasi jiaozi atau kuotie kukus.
Ilustrasi jiaozi atau kuotie kukus. ( Dok. Shutterstock/szefei )

Sekilas Mirip, Berikut Perbedaan Kulit Siomay, Pangsit, Dan Kuotie

22 Agustus 2020 15:38 WIB

SonoraBangka.id - Makanan yang menggunakan kulit pembungkus yang sering kita jumpai adalah siomay, pangsit, dan kuotie. Bahan utama kulit pembungkus secara umum, adalah tepung terigu, tepung sagu, air, dan garam. Kulit siomay, pangsit, dan kuotie jika dilihat sekilas terlihat mirip. Namun, ketiga kulit tersebut mempunyai perbedaan bahan. Frederick D. Turambi , Executive Chef Hotel Santika Premiere Slipi Jakarta, menjelaskan perbedaan kulit siomay, pangsit, dan kuotie seperti dikutip dari berita Kompas.com.

Penggunaan telur pada kulit pangsit basah

Kulit pangsit terdapat dua macam yaitu basah dan kering. Kulit pangsit kering dan basah memiliki sedikit perbedaan yaitu pada penggunaan telur. Bahan kedua kulit tersebut adalah tepung terigu, tepung sagu, garam, dan air. Adonan kulit pangsit kering tidak menggunakan telur, sedangkan kulit pangsit basah perlu campuran telur. Kulit pangsit kering biasanya digunakan untuk pangsit goreng, sedangkan kulit pangsit basah untuk makanan yang dikukus atau direbus seperti siomay dan pangsit rebus. Menurut Frederick, hotel tempatnya bernaung menggunakan kulit siomay dan pangsit yang tak jauh berbeda. Isian keduanya yang membuat berbeda.

Kulit kuotie lebih tipis

Gyoza juga salah satu makanan yang menggunakan kulit pembungkus selain siomay dan kuotie.  Dibandingkan kulit siomay, pangsit, dan gyoza, kulit kuotie jauh lebih tipis. Kulit kuotie pun harus segera digunakan setelah dibuat, karena sangat tipis sehingga bisa lebih cepat kering. Sementara kulit pangsit dapat disimpan dalam freezer selama beberapa hari. Untuk adonan, Frederick menggunakan campuran tepung terigu protein tinggi, tepung Hong Kong, dan air es untuk membuat kulit kuotie. Apabila membuat kuotie, sebaiknya hitung dulu jumlah yang ingin dibuat. Sehingga ketika kulit dibuat, langsung diisi dan dikukus. Kuotie yang sudah dikukus dapat disimpan dalam freezer, cukup dibungkus pakai plastic wrap.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Apa Bedanya Kulit Siomay, Pangsit, dan Kuotie?", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/08/20/141400975/apa-bedanya-kulit-siomay-pangsit-dan-kuotie-.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm