Ilutrasi Panci Gosong
Ilutrasi Panci Gosong ( nakita.grid.id)

6 Cara Membersihkan Kerak Panci Dan Wajan Gosong Dengan Bahan Dapur

23 Agustus 2020 11:51 WIB

SonoraBangka.id - Akibat keteledoran atau cara memasak yang salah terkadang  bisa membuat panci atau wajan menjadi gosong. Akibatnya, panci jadi kurang enak dipandang bahkan fungsinya bisa berkurang untuk memasak makanan. Rupanya kerak panci atau wajan gosong dapat dibersihkan menggunakan bahan dapur, mulai dari lemon sampai baking soda. Berikut 6 cara membersihkan kerak panci dan wajan gosong dilansir dari The Kitchn dan Daily Mail, sangat mudah dipraktikkan di rumah.


1. Gunakan air panas untuk menghilangkan kerak gosong

Hilangkan bekas gosong dengan merebus air sampai mendidih di dalam panci yang sudah dipanaskan terlebih dahulu jika panci baja tahan karat atau enamel punyamu gosong.  Kemudian gunakan sendok kayu untuk mengikis area yang terbakar.

2. Gosok panci dengan detergen pencuci piring

Detergen bubuk khusus piring ternyata bagus digunakan untuk mencuci dengan tangan, selain dari sekadar dengan mesin pencuci piring. Dalam hal ini, termasuk untuk menghilangkan noda gosong pada panci. Caranya, cukup isi panci dengan sedikit air dan hangatkan dengan api kecil. Kemudian, angkat panci dari api dan gosok detergen pada bagian yang terbakar. Bilas dan cuci dengan air sabun hangat.

3. Rendam kain pengering

Lembaran kain pengering pakaian bisa digunakan untuk menghilangkan kerak gosong pada panci. Isi panci dengan air hangat, rendam kain pengering dan tunggu beberapa jam sampai air berubah keruh. Kemudian gosok panci dengan kain tersebut dan bilas dengan air.  

4. Rebus beberapa lemon

Lemon, buah kaya vitamin C yang baik untuk tubuh juga bisa dijadikan bahan pembersih panci gosong. Asam dari dua atau tiga perempat lemon sudah cukup melarutkan noda terbakar. Rebus lemon dengan air secukupnya, biarkan mendidih selama 5-10 menit. Kemudian buang air dan lemonnya lalu bilas panci.

5. Gosok dengan bola aluminium foil

Fakta menarik bahwa menggosok panci gosong dengan bola aluminium foil adalah cara terbaik membersihkan panci yang terbakar. Taburkan soda kue dalam jumlah yang banyak pada bagian yang gosong dan tambahkan sedikit air untuk membuat pasta. Ambil kertas aluminium foil, remas sampai berbentuk seperti bola dan mulailah menggosok panci sampai semua bekas gosong bersih. Terakhir bilas panci dengan air sabun hangat.

6. Baking soda dan cuka

Memakai rebusan air, cuka dan baking soda untuk membersihkan panci gosong, tidak memerlukan penggosokan atau perendaman panci. Cukup rebus air dan cuka dalam panci kemudian tambahkan baking soda, kerak gosong akan larut dan panci akan kembali mengilat. Perbandingannya adalah 1 cangkir cuka, 2 sendok makan soda kue, 1 gelas air. Jika noda membandel, taruh campuran baking soda dan beberapa tetes air dengan konsistensi seperti pasta pada noda. Biarkan beberapa saat kemudian bilas. Cara-cara di atas bisa dipakai untuk membersihkan panci gosong, tetapi baiknya hindari untuk penggunaan pada panci anti lengket.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "6 Cara Bersihkan Kerak Panci Gosong, Pakai Lemon sampai Baking Soda", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/08/19/171700675/6-cara-bersihkan-kerak-panci-gosong-pakai-lemon-sampai-baking-soda?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm