Presiden Jokowi saat menyampaikan sambutan melalui tayangan virtual dalam HUT ke-22 Partai Amanat Nasional, Minggu (23/8/2020).
Presiden Jokowi saat menyampaikan sambutan melalui tayangan virtual dalam HUT ke-22 Partai Amanat Nasional, Minggu (23/8/2020). ( BPMI)

Jokowi : Semangat Reformasi Relevan Tuk Hadapi Krisis Akibat Pandemi

24 Agustus 2020 09:43 WIB

SonoraBangka.ID - Semangat reformasi yang diusung sekitar 22 tahun lalu menjadi relevan diterapkan saat ini.

Pasalnya, saat ini bangsa Indonesia tengah berjuang menghadapi pandemi Covid-19 beserta dampak kesehatan dan ekonomi yang juga menimpa di setidaknya 215 negara di dunia.

Dalam kondisi seperti ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan, bangsa Indonesia memerlukan langkah-langkah perubahan yang luar biasa, meninggalkan cara lama, segera melakukan transformasi, dan melahirkan lompatan-lompatan kemajuan.

“Kita harus memperkuat reformasi, melakukan langkah-langkah extraordinary, langkah-langkah perubahan fundamental, memanfaatkan momentum krisis ini untuk melakukan lompatan-lompatan kemajuan,” tutur Presiden Jokowi melalui tayangan virtual dalam HUT ke-22 Partai Amanat Nasional, Minggu (23/8).

Meskipun begitu, Presiden Jokowi mengatakan, untuk melakukan sebuah langkah reformasi diakuinya tidaklah mudah karena sering kali menimbulkan perubahan-perubahan terhadap sesuatu hal yang telah dapat dinikmati di zona nyaman bagi sebagian pihak.

Ia menambahkan baik itu zona nyaman secara ekonomi maupun zona nyaman oleh karena status dan lainnya.

“Oleh sebab itu ruang kompetisi harus dibuka, ruang persaingan yang sehat harus diberi peluang, untuk semua bidang. Kita jangan takut dengan kompetisi dan jangan takut bersaing. Kita harus mengambil peluang momentum krisis ini untuk melakukan lompatan,” ungkap Presiden Jokowi.

Pandemi Covid-19 juga berdampak pada penurunan ekonomi global dan berpengaruh pada hampir sebagian besar sektor kehidupan. Banyak negara-negara maju yang kini terdampak oleh hal itu dan merasakan kemunduran ekonomi. Di sinilah kesempatan besar bagi bangsa Indonesia untuk membenahi berbagai kelemahan fundamental dan mengeksekusi strategi-strategi besar negara.

“Kita harus bergerak serentak, mendobrak semua tantangan, dengan melakukan langkah-langkah yang extraordinary untuk melakukan lompatan kemajuan menuju Indonesia Maju yang kita cita-citakan,” tandasnya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm