Roti Canai
Roti Canai ( pinterest.com)

Teman Dikala Makan Kari, Berikut ini Cara Membuat Roti Canai

24 Agustus 2020 15:01 WIB

SonoraBangka.id - Roti pipih yang biasanya disantap bersama kari untuk sarapan bagi warga Malaysia adalah roti canai. Roti yang  punya pengaruh dari budaya India. Bahannya cenderung mudah ditemukan tetapi cara membuatnya dibutuhkan teknik khusus agar hasilnya bagus. Bahan utama roti canai adalah tepung, susu evaporasi, garam, dan gula. Kamu bisa mencoba membuatnya dengan  resep roti canai dari The Daily Meal berikut jika penasaran seperti apa roti canai ini.

Resep roti canai

Bahan

  • 7 1/4 cup tepung terigu murni (unbleached white flour)
  • 2 cup air
  • 2/3 susu evaporasi
  • 10 sdt gula
  • 1/4 sdt garam kosher
  • 1 stick butter, suhu ruang
  • 1 sdm minyak kanola

Cara membuat roti canai

  1. Siapkan mangkuk besar, masukkan tepung, air, susu, gula, dan garam. Campur sampai rata, uleni sampai adonan bertekstur lembut. Bentuk bulat besar. Simpan adonan dalam mangkuk, tutup dengan kain lembap. Istirahatkan selama lebih kurang 1 jam.
  2. Giling adonan sampai berbentuk silinder memanjang, potong menjadi 10 bagian. Lumuri tiap bagian dengan mentega, istirahatkan kembali selama 1 jam.
  3. Taburi tepung di atas meja bersih, letakkan adonan dan pipihkan sampai diameternya sekitar 30 cm. Lipat ujung-ujungnya ke dalam untuk membentuk persegi berukuran 12-15 cm.
  4. Panaskan wajan besi atau wajan tebal lainnya, lumuri dengan minyak kanola. Letakkan adonan roti canai di atasnya, masak sampai warnanya keemasan. Masak roti canai satu persatu, dibalik satu atau dua kali sampai matang. Ambil dan letakkan di atas piring saji. Roti canai siap disajikan. Bisa dimakan begitu saja atau dengan kari.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Roti Canai, Roti Pipih Teman Makan Kari", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/08/24/121200875/resep-roti-canai-roti-pipih-teman-makan-kari.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm