Oli motor (otoengine.com)
Oli motor (otoengine.com) ( kompas.com)

Motor Yang Sudah Berumur Harus Pakai Oli Kental, Apa Benar?

24 Agustus 2020 18:02 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Sepeda motor merupakan kendaraan yang menjadi andalan untuk melewati kemacatan di perkotaan. Tidak sedikit orang yang menggunakan motor sebagai kendaraan sehari-hari.

Perihal penggunaannya yang cukup sering, menyebabkan motor memiliki angka odometer yang relatif tinggi. Biasanya setiap motor sudah memiliki rekomendasi spesifikasi oli yang disarankan untuk digunakan di mesinnya.

Kemudian apakah kalau motor sudah memiliki odometer yang tinggi atau sudah berumur, harus mengganti oli yang lebih kental?

Endro Sutarno dari Technical Service Division PT Astra Honda Motor  mengatakan, motor dengan tingkat pemakaian tinggi dan sudah menempuh banyak kilometer, tidak perlu ganti dengan oli yang lebih kental.

“Kalau di aturannya kita, tidak ada hal seperti itu. Mau berapa pun kilometernya, tetap disarankan untuk memakai oli yang sudah sesuai dengan spesifikasi yang sudah ada,” ucap Endro kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Tapi, Rialdy Fasha dari Training & Technical Engineer Motul Indonesia ,  memiliki pendapat yang tidak sama. Rialdy mengatakan, pada motor itu, yang namanya keausan pasti ada. Normalnya, motor baru saat ini menggunakan oli dengan spesifikasi kekentalan 10W40 atau 5W40.

"Menurut saya, motor tua pakai SAE yang lebih kental itu normal. Sebab, motor sudah tua pasti tingkat keausannya lebih tinggi," ujar Rialdy, kepada Kompas.com.

Rialdy menambahkan, tingkat keausan yang tinggi ini menyebabkan adanya gap atau celah antara piston dengan linernya. Ketika ada gap ini, maka dibutuhkan oli yang lebih kental untuk merapatkan piston.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Apa Benar Motor Harus Pakai Oli Kental Saat Sudah Berumur?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2020/08/24/110200215/apa-benar-motor-harus-pakai-oli-kental-saat-sudah-berumur-.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm