Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Bangka Selatan, Didi Nopriadi
Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Bangka Selatan, Didi Nopriadi ( Bangkapos.com/ Jhoni Kurniawan)

Warga Celagen Kena DBD, Dinas Kesehatan Basel Lakukan Pembasmian Nyamuk

25 Agustus 2020 15:04 WIB

SonoraBangka.ID - Hingga kini masih ada 3 anak warga Desa Celagen Kecamatan Kepulauan Pongok yang dirawat di RSUD Bangka Selatan lantaran terkena Demam Berdarah Dengue (DBD).

Sementara itu, 2 anak lainnya yang sempat dirawat di RSUD Basel juga sudah diperbolehkan pulang oleh dokter.

Menanggapi hal itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Bangka Selatan, Didi Nopriadi mengaku telah mendapa informasi tentang adanya warga Kecematan Kepulauan Pongok yang terkena DBD tersebut.

 

"Kami mendapat informasi ini dari Kepulauan Pongok sejak beberapa waktu lalu dan kami juga telah terjun ke lokasi untuk upaya pencegahan penyebaran DBD," ungkap Didi Selasa, (25/8/2020).

Menurutnya, upaya pemberantasan sarang nyamuk (PSM) guna menekan penyebaran DBD sudah dilakukan oleh pihaknya bersama TNI/Polri dan masyarakat di Desa Celagen.

"Melalui PSM ini tim memeriksa ke setiap tempat baik di rumah-rumah dan sekitar pemukiman untuk memastikan tidak adanya potensi genangan air yang bisa saja menjadi media untuk Nyamuk Aedes Aegypti," kata Didi.

Bukan hanya itu, Didi mengatakan, juga akan memeriksa setiap wadah baik itu pot bunga, drum air dan sebagainya yang bisa saja berpotensi menjadi wadah bagi nyamuk untuk berkembang biak.

Lebih lanjut, ia mengajak seluruh masyarakat yang ada di Kabupaten Bangka Selatan untuk terus memperhatikan kebersihan diri dan lingkungan sekitar.

Jangan sampai membiarkan adanya genangan-genangan air yang bisa saja menjadi rumah bagi nyamuk.

"Pola hidup bersih dan saling mengingatkan satu sama lain tentunya menjadi kunci agar kebersihan lingkungan dapat terus dijaga dan terhindar dari DBD," tukasnya.

Artikel ini telah tayang di bangkapos.com dengan judul Kabar Warga Celagen Kena DBD, Dinas Kesehatan Basel Turun Lakukan Pembasmian Nyamuk

Sumberbangka pos
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm