Coto Menggala
Coto Menggala ( Foto: Kalson)

Coto Manggala, Sajian Khas Pangkalan Bun Dengan Bahan Utama Singkong

26 Agustus 2020 11:53 WIB

SonoraBangka.id - Tentunya, kita mengetahui bahwa Indonesia memiliki beragam sajian soto. Mulai dari soto Betawi sampai soto Banjar. Coto manggala adalah salah satu soto unik di Indonesia khas Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah. Melansir Kompasiana.com, arti dari coto manggala adalah soto dan manggala. Manggala sendiri adalah bahasa Kotawaringin yang berarti ketela atau singkong. Kuah coto manggala punya warna putih bening.

Nama tersebut mencerminkan sajian dari Pangkalan Bun yang merupakan soto dengan bahan utama singkong. Bumbu utamanya adalah bawang bombai. Coto manggala juga terdiri dari kaki ayam yang telah dipotong kecil-kecil.

Singkong diolah dengan diiris bentuk kotak-kotak, seukuran kelereng, lalu direbus hingga menjadi lunak. Lalu dimasak dengan bumbu seperti bawang putih, merica, dan garam. Coto manggala yang nikmat terletak pada singkong yang dimasak hingga empuk. Sehingga tekstur lembutnya akan berbaur dengan kuah yang gurih.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mengenal Coto Manggala, Soto Singkong khas Pangkalan Bun", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/08/25/175500775/mengenal-coto-manggala-soto-singkong-khas-pangkalan-bun.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm