Ilustrasi
Ilustrasi ( sajiansedap.grid.id)

8 Cara Menghilangkan Bau Amis Setelah Memasak Ikan Di Dapur

26 Agustus 2020 12:39 WIB

SonoraBangka.id - Aroma aneka masakan ikan seperti aroma ikan bakar, ikan goreng, dan lainnya sangat menggugah selera selama ikan sedang di masak. Namun setelahnya masakan ikan justru meninggalkan bau yang cenderung amis di dapur dalam jangka waktu yang cukup lama. Seperti yang dilansir dari Good Housekeeping dan Dengarden ada beberapa cara untuk menghilangkan bau amis ikan setelah masak berikut ini:

1. Hilangkan bau amis dengan cuka

Taruh semangkuk kecil cuka putih di sebelah kompor saat menggoreng ikan. Cuka ini dapat menyerap bau dan membuat ruangan berbau bersih dan segar. Kamu juga tidak perlu khawatir aroma cuka menyebar berlebihan, karena aromanya akan memudar saat mengering.

2. Masak di luar ruangan

Agar bau ikan tidak menyebar di dapur, cara untuk mencegah baunya setelah masak adalah olah saja ikan di luar ruangan. Aroma ikan tidak akan terperangkap di dapur. Kamu bisa membuat panggangan ikan di halaman sembari menikmati waktu santai bersama keluarga.

3. Tutupi wajan

Menutup wajan atau panci tempat ikan sedang dimasak adalah cara lain untuk menghilangkan bau ikan di dapur. Menutup panci atau wajan berisi ikan yang dimasak selain aroma ikan tidak dapat menyebar, bisa juga menjaga kelembapan daging ikan sehingga hasil masakannya lembut dan empuk. Jika ikan diolah dengan cara dipanggang di atas teflon, bungkus ikan dengan aluminium voil atau daun pisang.

4. Buka semua jendela

Kamu bisa buka jendela selama memasak ikan agar bau ikan tidak terperangkap di dapur. Aroma ikan yang sedang dimasak memang sangat nikmat. Namun setelah beberapa jam bau ikan akan tetap tinggal di dapur dan aromanya sudah tidak sedap lagi. Oleh karena itu, Jendela yang tebuka akan mempermudah sirkulasi udara di ruangan. Selain itu tetap buka jendela beberapa saat setelah memasak ikan supaya bau ikan bisa keluar seluruhnya.

5. Nyalakan kipas sebelum, selama, dan setelah memasak

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm