Ilustrasi mengganti minyak rem sendiri (louis-moto.co.uk)
Ilustrasi mengganti minyak rem sendiri (louis-moto.co.uk) ( kompas.com)

Penggunaan Minyak Rem Mobil Untuk Motor Bisa Saja Dilakukan, Simak Syaratnya

27 Agustus 2020 19:28 WIB

SONORABANGKA.ID - Masing-masing kendaraan bisa saja memiliki spesifikasi yang berbeda. Walaupun, komponen yang digunakan sama. Contohnya, minyak rem pada rem cakram.

Mobil dan motor sama-sama dibekali dengan rem cakram. Namun, kekuatan dan dimensinya bisa saja berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya.

Begitu pula dengan minyak remnya, tidak semua jenis minyak rem cocok untuk diaplikasikan pada berbagai jenis kendaraan. Karena, minyak rem juga memiliki spesifikasi yang berbeda-beda.

Spesifikasi minyak rem bisa dilihat dari kemasannya, yakni DOT (Department of Transportation). DOT menunjukkan titik didih minyak rem saat digunakan atau bekerja.

Jadi, semakin tinggi DOT minyak rem, maka titik didihnya juga akan semakin tinggi. Selama ini, ukuran DOT minyak rem yang banyak dijual di pasaran, seperti DOT 3, DOT 4, dan DOT 5.

Minyak rem dengan DOT 3, minimal titik didihnya adalah 205 derajat Celcius. Sedangkan untuk DOT 4, minimal titik didihnya mencapai 230 derajat Celcius. Lalu, untuk DOT 5 mencapai 260 derajat Celcius.

"Penggunaan minyak rem mobil untuk motor bisa saja dilakukan," ujar Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Didi menambahkan, dengan catatan, spesifikasi minyak rem tersebut sudah sesuai dengan standar yang direkomendasikan untuk rem sepeda motor.

Menurutnya, asalkan spesifikasinya sesuai, yakni DOT-nya sama, maka minyak rem untuk mobil bisa digunakan untuk motor.

"Berbeda halnya, kalau minyak rem yang digunakan tidak sesuai sesuai dengan spesifikasi. Maka bisa menimbulkan efek buruk pada perangkat pengereman," kata Didi.

Didi mengatakan, dampak terburuk adalah timbulnya kerusakan pada komponen pengereman. Hal ini tentu akan membahayakan keselamatan pengendara dan pengguna jalan lainnya.

“Bisa saja karet seal yang rusak sehingga bisa membuat rem bocor atau yang lain. Biasanya kalau karet seal sudah rusak rem bocor dan tidak berfungsi,” ujar Didi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pakai Minyak Rem Mobil untuk Motor, Simak Syaratnya", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2020/08/25/170100015/pakai-minyak-rem-mobil-untuk-motor-simak-syaratnya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm