Penulis Novel Dewi Lestari
Penulis Novel Dewi Lestari ( Kompas.com)

Ini Hal yang Perlu Dikuasi oleh Penulis Menurut Dewi Lestari

29 Agustus 2020 19:52 WIB

SONORABANGKA.ID - Penulis novel ternama, Dewi Lestari, membagikan aspek penting yang perlu dikuasai untuk para calon penulis andal.

Wanita yang akrab dipanggil Dee ini menyebut penguasaan menjadi hal yang penting dalam menulis cerita.

"Karena itu akan langsung menunjukkan di grade mana penulis tersebut," kata Dewi Lestari dalam konferensi pers virtual pemenag kompetisi Kwikku.com, Sabtu (29/8/2020).

Dewi juga menuturkan pentingnya cara mengeksekusi ide dengan tempo dan jalan cerita yang menarik.

Penulis yang juga penyanyi ini menganggap konsistensi agar produktif menulis cerita pun dibutuhkan.

"Kalau bisa dalam waktu dua tahun sekali atau satu tahun sekali lebih bagus lagi, kita terus berkarya. Karena sebetulnya itu adalah kunci untuk mendapatkan basis pembaca yang royal," tutur Dewi Lestari.

Yang tak kalah pentingnya adalah struktur cerita.

"Ini berhubungan dengan tempo. Apa sih yang membuat kita terus menerus membaca, pengin membalik halaman. Itu biasanya datangnya dari struktur yang rapi. Dia tahu bagaimana menempatkan adegan, tempo, bercerita dan sebagainya," jelas Dewi Lestari.

Kemudian jika merasa jenuh dalam mengembangkan naskah, penulis dapat rehat sejenak dan mencari inspirasi lagi.

Terakhir, batas waktu perlu dibuat agar penulis terpacu untuk menyelesaikan karyanya.


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Hal yang Perlu Dikuasai Penulis Menurut Dewi Lestari", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/hype/read/2020/08/29/192553866/hal-yang-perlu-dikuasai-penulis-menurut-dewi-lestari.

SumberKOMPAS.com
PenulisAnas Fadly
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm