Ilustrasi Potret lokasi bekas tambang di Pulau Bangka
Ilustrasi Potret lokasi bekas tambang di Pulau Bangka ( Dok. Bangka Pos)

6 Penambang Timah di Lubuk Besar Tertimbun Longsor, 3 Ditemukan Tewas

30 Agustus 2020 06:56 WIB

SonoraBangka.ID - Enam orang penambang timah di kawasan Lubuk Besar, Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung dikabarkan tertimbun longsoran tanah, Sabtu (29/8/2020) sekira pukul 14.00 WIB.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kep. Bangka Belitung, Mikron Antariksa membenarkan insiden itu.

"Iya benar infonya," kata Mikron Antariksa dikutip dari Kompas.com, Sabtu (29/8/2020).

Belum diketahui pasti penyebab peristiwia tersebut dan pihak BPBD pun belum bisa merinci secara pasti kronolgisnya.

Berdasarkan informasi, selain pekerja tambang, satu unit eskavator juga dikabarkan ikut tertimbun dalam insiden ini.

Sementara itu, Kepala BPBD Kabupaten Bangka Tengah, Yudi Sabara mengatakan menurut informasi yang ia dapatkan dari 6 korban yang tertimbun, tiga orang di antaranya berhasil ditemukan dalam kondisi sudah tak bernyawa.

"Iya benar korbannya ada enam orang, tiga di antaranya sudah ditemukan namun dalam keadaan meninggal dunia," ungkap Yudi, Sabtu (29/8/2020)

Lebih lanjut, Yudi menuturkan pihaknya akan mulai melakukan proses pencarian besok pagi, karena faktor lokasi yang jauh dan akses jalan juga sulit untuk dijangkau oleh kendaraan roda empat.

Proses evakuasi di lokasi tambang yang dijuluki sarang ikan itu berjalan lambat disebabkan struktur tanah yang labil dan cekungan yang dalam.

Diduga, longsoran tanah itu terjadi akibat guyuran hujan yang terjadi pada malam harinya.

Kawasan tambang tersebut diketahui dalam pengelolaan pihak swasta dan belum bisa dipastikan dengan pihak mana kemitraan usaha tersebut.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm