Ilustrasi nasi sedang dimasak pada wadah kayu.
Ilustrasi nasi sedang dimasak pada wadah kayu. ( PEXELS/HUY PHAN)

Agar Tidak Mudah Basi, Berikut 4 Cara Menyimpan Nasi Yang Tepat

31 Agustus 2020 11:50 WIB

SonoraBangka.id - Agar tidak basi, sebaiknya cara menyimpan nasi dilakukan dengan tepat. Nasi sisa yang disimpan dengan baik, bisa digoreng untuk menu sarapan. Frederick D. Turambi Executive selaku Chef Hotel Santika Premiere Slipi Jakarta menjelaskan cara menyimpan yang tepat untuk menghindari nasi basi. Namun, perhatikan dulu tekstur nasi, sebelum disimpan apakah nasi pulen dengan kadar air tinggi dan lembek atau nasi kering dengan kadar air sedikit.

1. Simpan di freezer atau chiller

Nasi pulen lebih baik disimpan dalam freezer karena berpotensi lebih cepat basi. Sementara, nasi kering yang biasanya cocok dibuat nasi goreng bisa simpan dalam chiller saja.

2. Masukkan dalam wadah plastik atau mangkuk

Simpan nasi dalam wadah dengan tutup rapat. Masukkan nasi dalam wadah plastik bertutup atau mangkuk yang diberi plastic wrap di atasnya. Tidak disarankan menyimpan nasi dalam termos nasi maupun rice cooker karena bisa merusak kualitas nasi. Nasi yang disimpan dalam termos nasi atau rice cooker tidak akan bisa bertahan lama. Berubah warna dan mengeluarkan bau, dua kemungkinan yang akan terjadi kalau nasi disimpan di wadah tersebut.

3. Jangan masukkan kulkas saat masih panas

Nasi dapat disimpan dalam freezer maupun chiller kalau sudah berada pada suhu ruang. Sebaiknya jangan masukkan saat masih panas, karena uap nasi akan menimbun bintik air di tutup wadah nasi yang membuatnya cepat basi.

4. Simpan maksimal 1 hari

Pastikan untuk tidak menyimpan nasi dalam ruang terbuka, sebab ada kemungkinan bakteri hinggap. Supaya kualitas nasi tidak semakin turun, hindari memanaskannya berkali-kali.
Menyimpan nasi dalam freezer atau chiller, membuatnya bertahan selama satu malam. Segera konsumsi keesokan harinya, sebaiknya tidak dibiarkan terlalu lama. Sementara itu, nasi bisa bertahan dalam rice cooker maksimal 3 jam. Lebih dari itu, kualitas nasi menurun.


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Simpan Nasi agar Tidak Basi, Bekal Bikin Nasi Goreng", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/08/27/080800675/cara-simpan-nasi-agar-tidak-basi-bekal-bikin-nasi-goreng.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm