Ilustrasi cara membuat kaldu ceker ayam.
Ilustrasi cara membuat kaldu ceker ayam. ( SHUTTERSTOCK/WACHIWIT)

Kaya Akan Kandungan Kolagen, Berikut Ini Resep Kaldu Ceker Ayam

1 September 2020 15:58 WIB

SonoraBangka.id - Selain kamu bisa mengolah ceker ayam atau kaki ayam menjadi tumis pedas. Kamu juga bisa mencoba membuat kaldu ceker ayam. Ceker ayam pun kaya akan kandungan kolagen dan protein seperti dilansir dari thestar.com.my selain mudah untuk dibuat. Kolagen dalam ceker ayam bermanfaat untuk menghindari nyeri sendi, menjaga kesehatan tulang, dan melindungi usus, serta kolagen berguna untuk mengencangkan kulit, mencegah penuaan, dan baik untuk kesehatan kuku, rambut, dan tulang. Mengutip simplyrecipes.com. berikut ini resep kaldu ceker ayam. Resep ini akan menghasilkan kaldu sekitar 2 liter.

Resep kaldu ceker ayam

Bahan

  • 1 kg ceker ayam
  • 2 buah wortel besar, potong menjadi dua
  • 1 bawang bombai, iris tipis
  • 1 ikat seledri, bagi menjadi dua
  • 1 ikat thyme segar
  • 1 lembar daun salam
  • 10 biji merica

 Cara membuat kaldu ceker ayam

  1. Rebus ceker ayam selama 5 menit dengan 2 liter air mendidih dalam panci besar.
  2. Tiriskan ceker ayam lalu bilas dengan air dingin, dan tunggu dingin sampai bisa dipegang. Lalu hilangkan kuku ayam dengan pisau tajam di bagian sendi agar mudah dipotong. Jika ada bagian cakar yang kasar, potong hingga bersih.
  3. Setelah ceker bersih, masukkan ke dalam panci besar. Tuang air dingin sampai menutupi ceker sekitar 2-3 cm. Tambahkan wortel, bawang bombai, seledri, thyme, daun salam, dan merica. Masak hingga air mendidih lalu kecilkan api.
  4. Tutup panci sebagian, agar uap bisa keluar. Biarkan kaldu masak selama 4 jam dengan api kecil. Sesekali buang busa berwarna putih yang muncul ke permukaan.
  5. Buka tutup panci dan naikkan api sedikit. Lanjutkan memasak selama satu atau dua jam. Proses ini akan mengurangi banyaknya kaldu agar lebih mudah disimpan dalam kulkas.
  6. Setelah takaran kaldu sudah sesuai selera, saring kaldu melalui berlapis kain katun tipis atau saringan, tapi lebih baik keduanya ke toples berukuran satu liter. Sisihkan selama satu jam lebih sampai dingin dan simpan dalam kulkas.
  7. Setelah kaldu dingin dalam kulkas, kaldu akan menjadi kenyal seperti jeli.

Artikel ini telah tayang di com dengan judul "Cara Membuat Kaldu Ceker Ayam yang Kaya Kolagen", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/08/31/190700275/cara-membuat-kaldu-ceker-ayam-yang-kaya-kolagen?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm