Ilustrasi ramyeon atau ramyun Korea
Ilustrasi ramyeon atau ramyun Korea ( Shutterstock)

Tips Masak Kimchi Ramyum, Cocok Untuk Teman Nonton Drama Korea

2 September 2020 11:13 WIB

SonoraBangka.id - Kimchi Ramyun merupakan rasa mi instan dari Korea Selatan, salah satu produsennya adalah Nongshim. Mi instan ini menonjolkan rasa semangkuk mi yang berbaur dengan rasa kimchi, sayuran fermentasi khas Korea. Suatu kelengkapan yang nikmat ketika Nonton drama Korea sambil makan Kimchi Ramyun. Bagaimana tidak, rasa dari Kimchi Ramyun yang otentik bisa menambah seru agenda drakor-anmu setiap saat. Ketika membeli sebungkus Kimchi Ramyun dari Nongshim kamu akan diberi 3 item. Pertama mi instan itu sendiri, bumbu dan sebungkus toping yang berisi kimchi kering, dan kucai kering. Memasak Kimchi Ramyun merupakan hal yang sangat mudah. Kamu tinggal memasaknya diair mendidih dan memasukan semua bahan. Untuk membuat sensasi memakan Kimchi Ramyun agar lebih mantap. Namun, ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti seperti berikut ini :

1. Sesuai takaran

Terdapat panduan yang disarankan yang terdapat di balik bungkus Kimchi Ramyun,. Di sana juga sudah tertera takaran air yang harus dimasukkan saat memasak Kimchi Ramyun. Dalam langkahnya tertulis masukkan 550ml air ke dalam panci dan panaskan, lalu masukan mie, bumbu dan sayuran ke dalam air mendidih. Takaran ini sudah pas, dan kuah akan memiliki rasa yang tak hambar. Kuah dari Kimchi Ramyun memiliki rasa yang sedikit pedas, tapi juga ada rasa asin, gurih dan sedikit asam yang segar. Rasanya seperti kuah kimchi tapi tak sampai terlalu asam, melainkan rasa yang menonjol adalah gurih dan sedikit pedas.

2. Masak mi sesuai waktu yang dianjurkan

Tekstur Mi dari Kimchi Ramyun adalah padat tapi sedikit pipih. Walaupun pipih tekstur mi dari Kimchi Ramyun masih memiliki tekstur yang tebal dan sedikit kenyal. Dalam keterangan cara membuat Kimchi Ramyun, dituliskan anjuran untuk masak mi selama 4 hingga 5 menit. Kamu bisa memasaknya seperti waktu yang disarankan. Sebab jika tidak mi akan memiliki tekstur yang lembek kalau kamu terlalu lama memasaknya. Kemudian sebaliknya, kalau kamu memasaknya terlalu cepat mi malah belum matang dan memiliki tesktur yang keras serta masih terasa rasa tepungnya.

3. Tambahkan topping

Kimchi Ramyun cukup memiliki rasa yang fleksibel dan bisa ditambahkan banyak topping. Kamu bisa memberikan topping seperti daun bawang, sosis dan telur. Topping yang ditambahkan tak akan menghalangi rasa otentik dari Kimchi. Sebab bumbu dari Kimchi Ramyun sudah sangat kuat. Ditambah rasa dari topping bawaan yaitu kimchi kering dan kucai kering. Rasa kimchi kering dan kucai kering juga sangat kuat, keduanya memiliki rasa yang asam, terutama kimchi keringnya nyaris sama dengan yang asli. Hal ini menambah rasa Kimchi Ramyun tambah otentik Korea. Agar rasa kimchi kering dan kuchai kering keluar dan terasa maksimal, rebus sayuran ini hingga naik kepermukaan.

Produk Kimchi Ramyun bisa kamu dapat melalui program I LIKE K-FOOD. Program ini dibuat oleh Korea Food Industry Association (KFIA) yang didukung oleh Kementerian Pertanian, Pangan dan Pedesaan Korea Selatan dan Korea Agro-Fisheries & Food Trade Corporation (aT). Program ini berlangsung sampai 30 November 2020, makanan dan minuman dari Korea Selatan tersebut dijual di zona I LIKE K-FOOD yang berlokasi di beberapa supermarket serta e-commerce. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Tips Masak Kimchi Ramyun jadi Enak, Mirip di Drama Korea", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/09/02/101600975/3-tips-masak-kimchi-ramyun-jadi-enak-mirip-di-drama-korea?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm