Ilustrasi Madu
Ilustrasi Madu ( wartakota.tribunnews.com)

Cara Mencairkan Madu Agar Kembali Ke Konsistensi Cairan Biasa

2 September 2020 11:55 WIB

SonoraBangka.id - Madu termasuk bahan makanan yang awet dan tidak dapat rusak oleh bakteri dan merupakan bahan makanan yang kadar airnya rendah. Dengan kondisi tersebut bakteri tidak dapat hidup dan berkembang di dalamnya. Namun, yang menjadi masalah pada madu saat disimpan lama adalah warna madu akan menggelap dan mengkristal seiring waktu. 

Pada kondisi tersebut, jangan khawatir madu tetap aman dikonsumsi. Baik dalam gelas maupun botol plastik, madu yang sudah mengkristal dapat dikembalikan ke bentuk cairan aslinya. Cara mengencerkan madu kembali ke konsistensi cairan biasa hanya membutuhkan wadah tahan panas dan air panas. Dilansir dari Food Network berikut ini langkah-langkah untuk  mengencerkan madu :

  1. Pertama taruh botol madu (dengan tutupnya) dalam wadah tahan panas.
  2. Tambahkan air panas (bukan mendidih) secukupnya ke dalam wadah hingga mencapai bagian atas madu di dalam botol.
  3. Setelah air ditambahkan, buka tutupnya dan diamkan stoples hingga madu menghangat menjadi cairan, sekitar 15 menit.
  4. Madu kembali mencair dan siap dikonsumsi.

Cara di atas dapat dilakukan kapan pun saat madu kembali mengkristal. Namun, pastikan tidak ada air di dalam botol.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Cairkan Madu yang Mengkristal dalam Botol", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/09/02/091100375/cara-cairkan-madu-yang-mengkristal-dalam-botol.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm