Ilustrasi membersihkan bunga es pada freezer
Ilustrasi membersihkan bunga es pada freezer ( SHUTTERSTOCK/SHVEYN IRINA)

Jangan Biarkan Menumpuk, Berikut 6 Cara Membersihkan Bunga Es Freezer

3 September 2020 18:27 WIB

SonoraBangka.id - Sebaiknya semua bagian kulkas dibersihkan secara berkala, termasuk bunga es yang terkadang menumpuk dalam freezer. Sebenarnya ada cara untuk mencegah bunga es cepat muncul, salah satunya dengan tidak menyimpan bahan makanan terlalu banyak atau sampai kosong. Secukupnya saja, sehingga suhu kulkas bisa diatur dengan tepat, seperti dikutip dari YellowPages. Apabila bunga es telanjur muncul dan menumpuk dalam freezer, Melansir Compact Appliances, coba gunakan enam cara berikut untuk membersihkannya.

1. Gunakan blow dryer

Blow dryer atau biasa disebut hair dryer bisa dipakai untuk melelehkan bunga es. Lebih baik lagi kalau pakai blow dryer portable. Pastikan tempat kamu berdiri kering dan bersih, jauhkan kabel dari air atau bunga es. Fokuskan pada satu titik sampai bunga es leleh, jangan sampai blow dryer kepanasan. Jangan sampai blow dryer terlalu dekat juga dengan sisi freezer karena panasnya bisa merusak bagian itu. Letakkan handuk dalam freezer untuk menyerap bunga es yang meleleh.

2. Pakai kipas angin

Menggunakan kipas angin membantu sirkulasi udara hangat dalam freezer, jadi bunga es akan meleleh. Cara ini paling ampuh kalau udara di rumah sedang hangat. Letakkan kipas angin dekat pintu freezer yang dibuka.

3. Taruh panci berisi air panas

Rebus air dalam panci, lalu letakkan dalam freezer dan tutup pintunya. Tetapi, beri alas handuk supaya panas panci tidak merusak bagian dalam freezer. Uap air panas membuat bunga es cepat meleleh, asalkan freezer ditutup rapat. Diamkan selama lebih kurang 30 menit, tetapi ganti air panas setiap 10 menit. Lap bunga es yang meleleh tiap kali mengganti air panas.

4. Panaskan spatula metal

Panaskan spatula metal di atas api, tempelkan pada bunga es sampai leleh. Jangan sampai spatula mengenai bagian freezer karena bisa rusak. Kalau pakai cara ini harus hati-hati, pegang spatula panas pakai sarung tangan kain.

5. Kain panas ditetesi alkohol gosok

Rebus air sampai mendidih, masukkan kain sejenak lalu angkat. Tuangkan beberapa tetes alkohol gosok atau disebut juga alkohol isopropil. Gosokkan kain pada bunga es, fokus pada bagian pojokan freezer. Metode ini cocok digunakan untuk membersihkan bunga es tipis.

6. Kikis pakai spatula

Siapkan spatula plastik yang biasa dipakai untuk mengikis bunga es. Boleh juga pakai spatula atau sendok kayu. Kalau pakai metode ini, sebaiknya gabung dengan cara membersihkan yang lain supaya bunga es lebih cepat bersih.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "6 Cara Cepat Bersihkan Bunga Es Freezer, Jangan Biarkan Menumpuk", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/09/02/220200175/6-cara-cepat-bersihkan-bunga-es-freezer-jangan-biarkan-menumpuk?page=all#page2.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm