satgas covid-19 Pusdalops BPBD Babel
satgas covid-19 Pusdalops BPBD Babel ( Ist / satgas covid-19 Pusdalops BPBD Babel)

Bertambah 2, Kasus Positif Covid - 19 di Babel Capai 242 Orang

5 September 2020 05:46 WIB

SonoraBangka.id -- Kasus terkonfirmasi positif Corona Virus Disease 2019 (covid-19) di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), hingga Jumat (4/9) tercatat mencapai 242 kasus. Kabupaten Bangka Selatan, yang semula telah hijau atau nol kasus, kini kembali ada pasien positif.

Juru bicara satgas covid-19 Pusdalops BPBD Babel, Andi Budi Prayitno menyebutkan, hari ini terkonfirmasi dua pasien baru.

"Dua pasien yang terkonfirmasi positif hari ini, satu dari kluster RRI, dimana hingga saat ini kluster RRI telah ada lima orang, yang terbaru adalah M-K, 46 tahun, laki-laki, beralamat di Jalan Bukit Betung, Bukit Betung, Sungailiat, Bangka," kata Andi, Jumat (4/9).

Kemudian, satu lagi pasien balita anak berusia 3 tahun asal Toboali, Bangka Selatan (Basel) berinisial A-A--S, balita ini merupakan kontak erat B-I, orang yang sebelumnya dinyatakan terkonfirmasi Covid-19. Diketahui bahwa A-A-S adalah anak dari B-I.

"Total kasus kumulatif 242 kasus, 12 orang yang saat ini masih dalam perawatan, " ujarnya.

Sementara, untuk pasien yang bebas Covid-19 juga bertambah dua orang, Q-A, 15 tahun, perempuan, beralamat di Jalan Betutu Dalam, Selindung Baru, Gabek, Pangkalpinang.

Berdasarkan riwayat, yang bersangkutan terpapar dari A-Z, orang yang sebelumnya dinyatakan terkonfirmasi Covid-19 dan sudah selesai isolasi dan bebas dari Covid-19. Diketahui bahwa Q-A adalah anak dari A-Z.

M-G, 53 tahun, laki-laki, berdomisili di Komplek Rumah Dinas RRI, Jalan A Yani (Jalur Dua), Sungailiat, Bangka.

Berdasarkan riwayat, yang bersangkutan melakukan perjalanan dari Tangerang, Banten, ke Sungailiat, Bangka.
Dari hasil tes rapid pada 18 Agustus 2020 dinyatakan reaktif, dan dari hasil tes swab PCR pada 24 Agustus 2020 dinyatakan positif terkonfirmasi Covid-19.

"Pasien yangselesai isolasi & sehat/bebas Covid-19, sebanyak 228 pasien,"imbuhnya.


Dari total 242 kasus positif, ABP merinci, 58 diantaranya kasus konfirmasi bergejala; 183 kasus konfirmasi tanpa gejala; 45 kasus konfirmasi dengan riwayat perjalanan (impor): Jumlah kasus konfirmasi kontak erat 61 orang; dan jumlah kasus konfirmasi tidak ada riwayat perjalanan atau kontak erat 52.


"Selalu patuhi proses Covid-19 ketika berada di luar rumah, demikian juga ketika setelah beraktivitas, langsung berganti pakaian dan mandi, " ingatnya.


ABP menegaskan, kasus positif di Babel terjadi dari kasus impor dan transmisi lokal. Yang awalnya dibawa dari luar kemudian ditularkan secara transmisi lokal melalui kontak erat. 

SumberRilis Tim satgas covid - 19 BPBD Babel
PenulisEdwin
EditorEdwin
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm