Ilustrasi mentega dan margarin
Ilustrasi mentega dan margarin ( Sehatq.com)

Bahan Pengganti Mentega Yang Bisa Digunakan Untuk Membuat Kue Dan Roti

5 September 2020 11:59 WIB

SonoraBangka.id - Butter atau mentega adalah salah satu bahan yang umum dipakai pada saat membuat kue dan roti. Selain membantu menambah kelembapan, Penambahan mentega pada roti dan kue tersebut dipercaya dapat menambah rasa jadi lebih enak. Lalu, bagaimana jika kamu tidak mempunyai mentega di rumah? Entah karena alasan kehabisan stok ataupun karena alasan diet. Apalagi mentega di Indonesia juga terkenal berharga mahal. Seperti dilansir dari Food Network dan The Spruce Eats berikut ini penggati mentega untuk membuat kue dan roti.

1. Minyak

Kamu dapat menggantinya dengan minyak netral dengan jumlah yang sama seperti minyak sayur safflower, canola. Jika kamu ingin bereksperimen dengan rasa, cobalah minyak kelapa murni atau minyak zaitun. Namun harus diperhatikan bahwa mengganti minyak pada masakan kue yang membutuhkan krim yang dibuat dari mentega lunak dan gula dikocok bersama-sama.  Contohnya pada resep kue kering, akan menghasilkan produk jadi yang lebih rata dan lebih padat dari biasanya. Hal ini karena minyak tidak bisa menahan udara yang dikocok. Namun khusus pada pembuatan roti, sebaiknya jangan ganti mentega padat dengan minyak cair sebab hasil roti nantinya tidak akan bertekstur atau bantat.  

2. Pure buah

Khusus pada resep kue kering, pure buah juga bisa jadi pengganti mentega. Sebagai pilihan yang lebih ringan, ganti mentega atau minyak dengan pure buah seperti pure apel atau pisang tumbuk untuk pengganti mentega pada resep. Bahan ini juga bagus untuk mengurangi asupan lemak dan kalori. Namun perlu diingat bahwa pure ini seringkali cukup manis dan dapat menambah rasa baru pada hidangan.

3. Margarin

Margarin dibuat untuk meniru mentega baik dalam rasa maupun tekstur, maka hasil masakan akhir pun akan mirip jika dibandingkan dengan mengganti pakai minyak cair. Pada resep yang membutuhkan krim mentega dan gula yang dikocok bersama-sama, seperti pada kulit pai atau biskuit. Sebaiknya ganti mentega dengan margarin.


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Bahan Pengganti Butter untuk Bikin Kue dan Roti", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/09/03/120800975/3-bahan-pengganti-butter-untuk-bikin-kue-dan-roti?page=all#page2.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm