Cek oli lewat dipstick (-)
Cek oli lewat dipstick (-) ( kompas.com)

Isi Waktu Luang Saat Akhir Pekan, Periksa Takaran Oli Mesin Mobil Sendiri

5 September 2020 18:25 WIB

SONORABANGKA.ID - Akhir pekan alias Weekend di tengah pandemi ini membuat aktivitas tidak seperti biasanya. Sebagian besar mungkin memilih untuk di rumah aja.

Untuk pemilik mobil yang tidak memiliki agenda keluar rumah, ada baiknya memanfaatkan weekend untuk melakukan perawatan pada mobil. Salah satu cara yang termudah adalah mengecek takaran oli mesin.

"Pemilik mobil tidak perlu mendatangkan mekanik atau pergi ke bengkel bila untuk memeriksa kadar volume oli pada mesin, cukup manfaatkan tongkat pengukur atau dipstick," ujar Anjar Rosjadi, dari Executive Coordinator Technical Service Astra Daihatsu Motor (ADM), kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Anjar menambahkan, cukup lihat level ketinggiannya dari dipstick. Keberadaannya bisa ditemui saat buka kap mesin yang biasa menempel di samping atas mesin yang bisa dibuka tutup. Pada ujung tongkatnya ada dua garis takaran untuk lihat volume oli.

"Setelah mencabut dipstick, biasanya ada tanda F dan E pada ujung yang memiliki arti full dan empty. Saat pertama mencabut, pemilik mobil disarankan untuk membersihkan lebih dulu ujung dipstick lalu celupkan kembali ke dalam mesin," kata Anjar.

Selanjutnya cabut kembali, dan lihat di antara tanda F dan E tadi untuk mengetahui ketinggian olinya.

"Untuk mendapatkan takaran yang lebih persisi, baiknya mobil diparkir dalam kondisi yang rata. Saat akan memeriksa, disarankan juga mesin dalam kondisi dingin dan tidak dalam keadaan menyala," ujar Anjar.

Anjar mengatakan, kalau berada di posisi antar F dan E, kondisi volume oli dalam mesin masih normal. Namun kalau adanya di bawah E itu tandanya kapasitas oli sudah berkurang.

Sebaiknya, langsung segera dibawa ke bengkel atau menghubungi bengkel untuk ke rumah agar dilakukan pemeriksaan.

"Kekurangan oli bisa berakibat fatal bagi mesin mobil. Dalam kondisi berkurangnya oli, pemilik mobil juga tidak disarankan untuk langsung menambah sendiri, karena perlu analisa lebih lanjut mengenai penyebab oli berkurang," kata Anjar.

Menurut Anjar, oli dapat saja berkurang karena penguapan. Walau jarak servis berkala masih jauh, namun karena ada penguapan oli bisa berkurang, apalagi buat mobil yang aktif.

"Tapi untuk lebih jelas, pemilik baiknya ke bengkel, karena ditakutkan ada masalah lain, misalnya ada kebocoran atau lainnya," ujar Anjar.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Isi Waktu Luang saat Weekend, Cek Takaran Oli Mesin Mobil Sendiri", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2020/09/05/120100815/isi-waktu-luang-saat-weekend-cek-takaran-oli-mesin-mobil-sendiri.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm