( Ist / Diskominfo Babel )

Andi Budi Yulianto : Alat Kerja Pengawasan Form A Sangat Penting Pada Pilkada 2020

7 September 2020 09:30 WIB

SonoraBangka.id - Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Andi Budi Yulianto melakukan supervisi dan monitoring pengawasan terhadap pengisian formulir hasil pengawasan (Form A) daring dan manual di ruang rapat Bawaslu Kabupaten Belitung Timur.

Dalam kesempatan itu, Andi menyampaikan pentingnya fungsi Form A sebagai alat pengawasan dalam pelaksanaan Pilkada 2020,

“Terkait dengan laporan hasil pengawasan atau Form A tidak saja hanya sebagai alat bantu dalam melaksanakan pengawasan, tetapi bisa menjadi bukti dalam pengawasan yang kita lakukan ketika ada persoalan," ujar Andi saat menyampaikan sambutannya dihadapan Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Se-Kabupaten Belitung Timur, Sabtu (5/9/2020).

Andi mencontohkan ketika ada gugatan terkait hasil pilkada , maka Laporan hasil pengawasan inilah yang akan membantu dalam proses gugatan, untuk itu dirinya meminta laporan hasil pengawasan ini agar diarsipkan dengan baik.

“Ketika ada gugatan, maka lembaran-lembaran kertas inilah yang akan berbicara," jelas Andi.

Dalam kesempatan itu Andi juga menjelaskan bahwa Pilkada di Belitung Timur merupakan salah satu perhatian oleh Bawaslu Babel, pasalnya Andi menilai wilayah Belitung Timur berpotensi memiliki intensitas politik yang tinggi,

Oleh karena itu dirinya menekankan kepada jajaran Panwascam untuk fokus dalam kemungkinan menghadapi tekanan besar pada Pilkada 2020.

Diakhir sambutannya tak lupa Andi menegaskan agar jajaran Panwascam menjaga integritas sebagai Pengawas Pemilu,

“Saya berharap Bapak Ibu semua bisa mempertahankan itu, jaga integritas, jaga marwah lembaga dan nilai-nilai luhur karena Panwascam lebih banyak bersentuhan dengan masyarakat," tegasnya.

Pasalnya Andi menilai tidak menutup kemungkinan munculnya intimidasi, intervensi ataupun godaan selama kegiatan pengawasan. “Nah, hal-hal seperti ini berpotensi mengganggu rasionalitas serta integritas rekan-rekan panwascam semua," katanya kepada Panwascam se-Belitung Timur.

“Semoga pelaksanaan Pilkada di Beltim baik kualitas proses maupun kualitas hasil sesuai dengan yang kita harapkan bersama dan pelaksanaannya bisa berjalan baik, aman dan lancar," tutup Andi. (rls)

SumberHumas Bawaslu Babel
PenulisEdwin
EditorEdwin
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm