Bupati Bangka, Mulkan menyerahkan Mobil Ambulan kepada kepala Puskesmas Pariwisata, Senin (7/9/2020).
Bupati Bangka, Mulkan menyerahkan Mobil Ambulan kepada kepala Puskesmas Pariwisata, Senin (7/9/2020). ( Ist/ Diskominfotik Bangka)

Kabupaten Bangka Kini Punya Dua Unit Mobil Ambulan Pariwisata

7 September 2020 20:34 WIB

SonoraBangka.ID - Kini Pemerintah Kabupaten Bangka memiliki dua unit ambulan untuk menunjang puskesmas pariwisata yang sedang di bangun di daerah Sungailiat dan Sinar Baru.

Bupati Bangka, Mulkan menyerahlan langsung mobil Ambulan tersebut kepada Kepala Puskesmas diwilayah kerja setempat, Senin (7/9/2020).

Ambulan pariwisata memiliki spesifikasi puskesmas keliling sehingga ambulan ini dapat memberikan layanan kesehatan ringan secara langsung kepada masyarakat.

Untuk sementara, ambulan pariwisata itu ditempatkan di Puskesmas Sungailiat dan Sinar Baru sambil menunggu pembangunan puskesmas pariwisata selesai dibangun.

Mulkan menuturkan ambulan tersebut dapat dimanfaatkan masyarakat secara gratis.

Terutama bagi warga yang membutuhkan tidakan medis dengan segera atau dalam hal penjemputan menuju layanan kesehatan.

Selain itu, Mulkan berharap dengan adanya ambulan ini dapat memberikan peran dan meningkatkan akses jangkauan pelayanan dasar di wilayah kerja puskesmas.

Sehingga seluruh masyarat dapat terlayani dengan cepat.

"Jadi ambulan ini juga dapat memberikan layanan di berbagai tempat yang jauh dan sulit dijangkau. Seperti saat melaksanakan sosialisasi atau posyandu di daerah yang jauh dapat memanfaatkan ambulan ini," terang Mulkan.

Disisi lain, puskesmas pariwisata di daerah Sungailiat dan Sinar Baru masih dalam proses pembangunan.

Pembangunan tersebut direncanakan memiliki beberapa fasilitas yang menyangkut akan kepariwisataan.

"Konsep puskesmas pariwisata ini ada karena kita merupakan daerah pariwisata. Sehingga didalamnya nanti terdapat pelayanan pribadi seperti masage, akupuntur, spa dan lain sebagainya," ujar Kepala Dinas Kesehatan, dr. Then Suyanti.

Lebih lanjut, ia menambahkan, pembelian ambulan pariwisata ini masih termasuk kedalam paketan pagu pembangunan puskesmas pariwisata.

Sehingga, pembeliannya menggunakan dana kegiatan DAK Tahun 2020.

SumberDiskominfotik Bangka
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm