Ilustrasi seorang yang tengah mengikuti kursus mengemudi sedang melakukan manuver. (https://putonthebrakes.files.wordpress.com/)
Ilustrasi seorang yang tengah mengikuti kursus mengemudi sedang melakukan manuver. (https://putonthebrakes.files.wordpress.com/) ( kompas.com)

Pertimbangan Pengemudi Pemula Memilih Belajar Pakai Mobil Matik

7 September 2020 16:28 WIB

SONORABANGKA.ID - Sekarang ini mobil bertransmisi otomatis atau matik lebih banyak dipilih ketimbang mobil manual. Dengan keadaan jalan yang lebih sering macet, transmisi matik memberikan kemudahan dan kenyamanan lebih baik terutama saat dipakai di perkotaan.

Keadaan ini turut berdampak pada pengemudi pemula yang belajar mobil. Menurut laporan BBC, pengemudi yang memilih menggunakan mobil matik terus meningkat dari tahun ke tahun.

Sony Susmana, dari Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), mengatakan, berkendara menggunakan mobil matik memang semakin diminati ketimbang transmisi manual.

“Mobil bertransmisi otomatis lebih mudah untuk pemula,” ucap Sony, kepada Kompas.com (5/9/2020).

“Selain pedalnya lebih sedikit, bikin pengemudi enggak bingung. Akselerasi mobil juga dibantu dengan girboks, tak perlu menginjak kopling,” kata Sony.

Sony juga mengatakan, masing-masing jenis transmisi memiliki tingkat kesulitan dan keamanan yang berbeda-beda. Transmisi manual tidak bisa dibilang lebih aman ketimbang matik, begitu juga sebaliknya.

“Untuk mobil matik, enggak ada pedal kopling yang berfungsi sebagai pengontrol mobil bergerak. Salah injak pedal gas, mobil bisa melaju tidak terkontrol,” ujar Sony.

“Tapi kalau pemula kan relatif hati-hati dalam menginjak gas, injak gasnya harus smooth. Jadi mobil matik lebih friendly untuk pemula, manuver lebih mudah,” tutur Sony.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Alasan Pengemudi Pemula Lebih Baik Belajar Pakai Mobil Matik", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2020/09/07/090200215/alasan-pengemudi-pemula-lebih-baik-belajar-pakai-mobil-matik.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm