Ilustrasi bengkel kaki-kaki mobil alternatif  (KompasOtomotif)
Ilustrasi bengkel kaki-kaki mobil alternatif (KompasOtomotif) ( kompas.com)

Catat 4 Ciri-ciri Kaki-kaki Mobil Yang Minta Jajan

8 September 2020 17:13 WIB

SONORABANGKA.ID - Keadaan kaki-kaki mobil yang tidak stabil menjadi lumrah pada pemakaian harian di dalam kota. Intensitas mobil bergerak membuat beberapa komponen alami kerusakan, atau paling tidak, mengalami gejala aneh yang membuat laju menjadi tidak stabil.

Suparna dari Kepala Bengkel Auto 2000 Cilandak, mengatakan, bahwa tidak semua gejala aneh pada kaki-kaki harus ditebus dengan penggantian komponen.

“Kadang posisi ban berubah, atau kestabilan dan balancing kurang. Kalau yang seperti ini, cukup di- spooring dan balancing,” ucap Suparna kepada Kompas.com, Senin (7/9/2020).

Suparna memberikan ciri-ciri kaki-kaki mobil yang minta jajan ke bengkel spooring dan balancing. Berikut ini beberapa gejalanya:

1. Ketika mobil melaju di jalan datar dan halus, setir dilepas, jalannya tak lagi lurus. Mobil secara pelan atau sporadis belok ke kanan atau ke kiri. Ada kecenderungan setir lebih dominan ke kiri-kanan. Sebelum di-spooring atau balancing, periksa dulu tingkat keausan ban.

2. Ketika mobil melaju dengan setir yang kita pastikan sudah lurus, mobil malah belok ke kanan atau kiri, alias berjalan miring. Ini menunjukkan posisi setir tidak central. Coba pastikan lingkar kemudi dalam posisi lurus, dilihat dari logo mereknya.

3. Setir bergetar pada kecepatan tertentu, biasanya mulai terasa di atas 80 km per jam (kpj). Getaran itu bahkan kadang sampai ke penumpang belakang dengan bunyi-bunyian ban yang tak seimbang.

4. Gejala yang lebih akut, saat membelokkan mobil, tiba-tiba terasa guncangan, padahal kondisi jalan mulus. Atau, kemudi berbelok, tetapi roda susah mengikuti dan cenderung lurus.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Catat 4 Gejala Kaki-kaki Mobil Sudah Minta Jajan", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2020/09/08/100200315/catat-4-gejala-kaki-kaki-mobil-sudah-minta-jajan.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm