Penyanyi Isyana Sarasvati saat ditemui di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Selasa (10/3/2020) dini hari.
Penyanyi Isyana Sarasvati saat ditemui di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Selasa (10/3/2020) dini hari. ( KOMPAS.com/BAHARUDIN AL FARISI)

Cerita Isyana Sarasvati Bermusik Sejak Usia 7 Tahun hingga Kepincut Musik Klasik

9 September 2020 09:14 WIB

SonoraBangka.ID - Penyanyi Isyana Sarasvati menceritakan perjalanan musiknya yang telah dimulai sejak dirinya berusia 7 tahun.

Isyana menceritakan itu dalam kanal YouTube suaminya, Rayhan Maditra berjudul Mako Talk, seperti dikutip Kompas.com, Selasa (8/9/2020).

"Perjalanan musik aku itu sebenarnya bermula dari usia sangat dini, dari umur 7 tahun itu sudah benar-benar ikut kursus musik yang serius ya," kata Isyana.

Selain itu, sang ibu yang memang juga bergelut di bidang musik sempat memasukan Isyana ke sekolah musik ketika mereka tinggal di Belgia. 

Isyana kemudian bertanya kepada suaminya, apakah bakat yang dia miliki bisa disebut turunan dari sang ibu.

"Kadang orang bilang wah ini turunan dari ibunya nih bakat musiknya karena bisa main musik juga, itu benar enggak sih? tanya Isyana.

Reyhan pun menjelaskan hal itu mungkin terjadi, tetapi bisa juga karena paparan musik yang diterima Isyana sejak kecil.

"Kalau menurut saya sih ada kaitan genetik ya, itu sifat-sifat genetik yang diturunkan dari orangtua misalkan suka musik, atau skill musik," tutur Reyhan. 

"Tapi banyak juga yang terjadi setelah lahir mereka terpapar tipe musik seperti apa. Kayak kamu kan dari kecil terpapar musik klasik," lanjutnya.

Meski demikian, Isyana menegaskan, pada akhirnya ia memilih musik klasik atas kehendaknya sendiri.

"Tapi pada akhirnya setelah aku sudah beranjak ke remaja, aku sudah bisa mengenal genre musik tetap aku pada akhirnya jiwanya ke musik klasik," ucap pelantun tembang "Tetap dalam Jiwa" itu. 

"Pada saat itu ya, jadi sudah bukan paksaan ibu bapak lagi, tapi aku merasa musik klasik itu memberikan energi yang lain gitu, terhadap jiwa aku," tambahnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cerita Isyana Sarasvati Bermusik Sejak Usia 7 Tahun hingga Kepincut Musik Klasik", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/hype/read/2020/09/08/214451366/cerita-isyana-sarasvati-bermusik-sejak-usia-7-tahun-hingga-kepincut-musik.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm