Ilustrasi sushi dan sashimi.
Ilustrasi sushi dan sashimi. ( SHUTTERSTOCK/USEFULDESIGN)

Sama-Sama Nasi Yang Digulung, Berikut Perbedaan Kimbab Dan Sushi

9 September 2020 10:57 WIB

SonoraBangka.id - Kimbab dan sushi  sekilas tampak serupa yakni hidangan nasi yang sama-sama digulung. Namun kedua sajian dari Asia Timur ini sebenarnya berbeda. Keduanya merupakan makanan dari dua negara yang berbeda, Korea dan Jepang. Berikut perbedaan kimbab dan sushi:

1. Nasi

Melansir dari Foodrepublic.com, terdapat dua perbedaan besar pada nasi dan isinya. Nasi sushi dibumbui dengan cuka sedangkan kimbab disebut pula gimbab, setelah digulung dengan rumput laut dipotong dan diolesi minyak wijen. Nasi yang digunakan di kimbab juga tidak hanya satu jenis saja seperti sushi. Orang Korea kadang selain nasi putih memilih nasi merah atau nasi hitam.

2. Isian 

Isinnya kimbab dan sushi berbeda dari segi matang atau tidaknya bahan makan. Sushi dari Jepang kebanyakan menggunakan ikan mentah (tuna, salmon, kerang cincang), sehingga harus dikonsumsi segar. Kimbab di Korea bahan isinya dari makanan yang dimasak atau diawetkan seperti tuna kalengan, kimchi, bulgogi panggang, ham, dan keju. Selain itu kimbab juga berisi sayuran seperti wortel, acar lobak, dan bayam.

3. Aneka jenis kimbab

Bersumber dari Sweetandtastytv.com kimbab adalah makanan yang umumnya, menjadi bekal siswa dan pekerja kantor dari rumah. Ragam gimbab pun juga banyak seperti sushi. Melansir dari Food.ndtv.com berikut tiga jenis kimbab pada umumnya:

  • Chungmu gkimbab: berisi hanya nasi, Biasanya disajikan dengan makanan pedas seperti salad cumi-cumi dan kimchi lobak.
  • Mayak kimbap: gimbab yang lebih kecil dari biasanya, berisi dari wortel, bayam, dan danmuji (lobak acar kuning), lalu diberi taburian biji wijen.
  • Samgak kimbab: gimbab ini berbentuk segitiga, mirip dengan onigiri Jepang.

4. Aneka jenis sushi 

Sama seperti gimbab, sushi juga punya banyak jenis. Berikut lima jenis sushi paling terkenal dikutuip dari Delishably:

  • Nigirii: sushi dengan topping daging mentah. 
  • Sashimi: ikan atau boga bahari mentah, disantap tanpa nasi sushi.
  • Maki: nasi sushi yang dibungkus lembaran rumput laut kering.
  • Uramaki: kebalikan dari nasi sushi, lembaran rumput laut yang ada di dalam gulungan nasi.
  • Temaki: nasi yang digulung dengan rumput laut kering di luarnya agar berbentuk kerucut. 

Artikel ini telah tayang di comdengan judul "Kimbab dan Sushi, Apa Bedanya Nasi Gulung Ini?", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/09/08/191200275/kimbab-dan-sushi-apa-bedanya-nasi-gulung-ini-.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm