Ilustrasi
Ilustrasi ( amp.oppo.baca.co.id)

Cara Membuat Yache Kimbab Makanan Khas Korea Cocok Untuk Bekal Piknik

9 September 2020 15:57 WIB

SonoraBangka.id - Kimbab merupakan makanan khas dari Korea dan populer sebagai makanan musim semi dan bekal piknik anak sekolah. Dikutip dari Korea Tourism Organization, kimbab dengan bentuk seperti sekarang diciptakan pada tahun 1960-1970an. Kimbab pun macamnya banyak, salah satu jenis paling populer adalah yachae kimbab. Yachae kimbab adalah nasi yang digulung dengan rumput laut kering, dengan isi sayuran. Berikut resep yachae kimbab dari Mykoreankitchen.com.

Resep Yache Kimbab

Bahan:

  • 4 lembar rumput laut kering (nori)
  • 120 gram bayam (bisa diganti mentimun)
  • 2 butir telur, kocok dahulu
  • 120 gram wortel, potong halus
  • 2-4 buah crab sticks (tergantung panjangnya), potong memanjang
  • 4 potong ham BBQ Kimbap, bisa diganti ham biasa
  • 4 lobak acar kuning (danmuji), potong memanjang
  • 12 buah akar burdock berbumbu yang bisa dimakan (opsional)
  • 2 1/2 cangkir nasi berbiji pendek yang dimasak
  • 2 sdm minyak wijen, sisakan juga untuk mengolesi gimbab
  • Garam halus secukupnya, sisakan juga untuk mengolesi gimbab

Bahan pengganti isi:

  • Keju iris atau krim keju
  • Bulgogi (daging sapi BBQ Korea)
  • Kimchi
  • Abura-age (tahu goreng kopong Jepang)

Cara membuat yachae kimbab:

  1. Masak bayam hingga setengah matang, tiriskan air dan siram bayam dengan air dingin. Peras bayam dengan lembut untuk menghilangkan air yang berlebih. Taruh bayam ke mangkuk, tambahkan garam dan 1/2 sendok makan minyak wijen lalu aduk rata.
  2. Panaskan wajan, tambahkan sedikit minyak goreng dan oleskan ke seluruh wajan. Masak telur dengan api sedang. Taruh telur dadar di atas talenan dan potong menjadi potongan-potongan panjang.
  3. Pada wajan yang dipanaskan, masak wortel, crab stick, dan ham secara terpisah sekitar 1 menit per bahan, dengan api sedang.
  4. Masukkan nasi ke dalam mangkuk, lalu tambahkan 1/2 sendok mikan minyak wijen dan garam halus sesuai selera. Aduk rata.
  5. Kumpulkan semua bahan gimbab dalam satu meja agar lebih mudah untuk disusun.
  6. Letakkan satu lembar rumput laut kering di atas tikar bambu. Taruh rumput laut kering dengan sisi mengkilat menghadap ke bawah. Taruh nasi di atas lembaran rumput laut kering, lalu sebarkan secara merata dan tipis hingga menutupi sekitar 2/3 bagian rumput laut. Sisakan jarak sekitar 5cm di bagian atas rumput laut.
  7. Taruh bahan-bahan isi. Pastikan menggunakan bahan secara merata agar tidak kekurangan. Taruh satu acar lobak kuning di sekitar 1/3 dari bawah, jika ada tambahkan tiga potongan burdock, lalu satu potongan ham dan satu crab stick di sekitarnya. Kemudian susun beberapa potongan telur, wortel, dan bayam, tapi jangan sampai seluruh permukaan nasi bagain bawah tertutupi. Gulung rumput laut, jika rumput laut tidak menempel, beri sedikit air di rumput laut kering yang disisakan pada langkah enam. Bisa juga menggunakan beberapa butir nasi. Sisihkan kimbab yang sudah digulung.
  8. Ulangi langkah 6 dan 7 dengan bahan yang tersisa.
  9. Letakkan semua kimbab di atas talenan dan tempelkan sedikit minyak wijen di sekitar permukaan rumput laut. Iris kimbab menjadi potongan ukuran sekali gigit.
  10. Gimbab siap disajikan dengan irisan acar lobak kuning.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Kimbab, Makanan Piknik ala Orang Korea", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/09/08/200700175/resep-kimbab-makanan-piknik-ala-orang-korea?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm