Ilustrasi waffle sandwich
Ilustrasi waffle sandwich ( Shutterstock)

Agar Tak Gagal, Hindari 6 Kesalahan Umum Saat Membuat Waffle Berikut

10 September 2020 07:44 WIB

SonoraBangka.id - Hindari beberapa kesalahan umum yang membuat waffle atau wafel jadi kurang sempurna agar waffle yang dibuat jadi renyah, lembut, dan sempurna. Berikut ini kesalahan umum saat membuat waffle yang perlu diperhatikan agar bisa membuat waffle anti gagal Bon Appetit.

1. Tidak membaca resep dengan benar

Pastikan telah membaca resep dengan lengkap saat akan membuat kue atau roti, termasuk waffle. Beberapa resep wafel memerlukan proses peragian adonan yang membutuhkan waktu setidaknya delapan jam. Ikuti pula setiap langkah cara membuat yang sudah ditentukan. Artinya perlu diperhatikan bahwa tahapan cara membuat itu pun harus diikuti agar hasil waffle baik. Maka kamu bisa mempersiapkan dan mencampur adonan pada malam hari sebelum berencana membuat waffle, ini berlaku jika waffle menggunakan ragi. Lain halnya jika waffle memakai soda kue atau baking powder, sebaiknya setelah semua adonan dicampur rata, segera masak adonan tersebut agar udara yang dihasilkan oleh soda kue tidak hilang sebelum waktunya. Jika udara di adonan hilang, maka hasil waffle nantinya tidak baik, dilansir dari Food Network.

2. Tidak membuat adonan mengembang

Adonan jadi mengembang adalah kunci suksesnya waffle. Salah satu tanda hasil waffle akan mengembang bisa diketahui dari adonannya yang bertekstur yang ringan dan halus, tidak padat, dan pucat. Kamu bisa meringankan adonan dengan salah satu dari dua cara berikut. Pertama kamu bisa memisahkan kuning telur dan putihnya. Kocok putihnya menjadi tekstur berbusa dan mengembang, lalu masukkan perlahan ke dalam adonan. Cara lain, kamu bisa mulai dengan adonan krim tanpa pemanis kemudian campur dengan bahan lain dengan teknik aduk seperti melipat. Aduk dengan lembut agar putih atau krim kocok tidak mengempis. Ini menghasilkan adonan yang ringan dan halus.

3. Menggunakan tepung yang salah

Menggunakan bahan baku tepung yang salah bisa mengacaukan hasil waffle. Tepung terigu yang pas untuk wafel adalah tepung terigu protein sedang atau terigu serbaguna. Menggunakan tepung protein tinggi bisa menghasilkan tekstur kenyal pada roti akan tetapi terlalu berat untuk waffle. Di sisi lain, waffle tidak sehalus makanan yang dipanggang seperti kue kering, sehingga tepung protein rendah pun kurang pas dipakai untuk waffle.

4. Tidak mengolesi cetakannya

Meskipun cetakan waffle kamu diklaim anti lengket, akan lebih baik jika cetakan tetap diberi olesan sedikit mentega. Mentega juga dapat membantu dalam pencokelatan waffle dan membuat rasa wafel lebih enak. Jangan biarkan adonan yang bagus terbuang percuma hanya karena kesalahan pada saat memanggang waffle di dalam cetakannya.

5. Mempercayai alat pembuat wafel

Jangan membiarkan adonan wafel masak sendiri tanpa pengawasan meskipun kamu mempunya I alat pembuat waffle atau disebut wafflemaker, Kamu tetap harus gunakan hidung dan mata untuk menentukan kapan waffle selesai dimasak. Waffle harus berbau harum dan harus memiliki sedikit warna. Memasak waffle hingga menjadi cokelat keemasan tidak hanya memberikan tekstur yang lebih baik dan renyah, tetapi juga menambah rasa.

6. Hanya fokus pada wafel manis

Tidak ada salahnya jika wafel juga disajikan sebagai kue gurih, meskipun waffle paling sering disajikan sebagai kue manis dengan krim kocok dan siraman gula bubuk,. Tambahkan daging asap atau keju jika waffle ingin disajikan dengan rasa gurih. Bisa pula wafel disajikan seperti sandwich.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "6 Kesalahan Umum Saat Bikin Waffle, Hindari agar Tak Gagal ", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/09/09/190800275/6-kesalahan-umum-saat-bikin-waffle-hindari-agar-tak-gagal-?page=all#page2.




Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm