Gubernur Erzaldi saat meninjau ke lokasi rencana pembangunan Museum Cina Melayu, Rabu (9/9/20).
Gubernur Erzaldi saat meninjau ke lokasi rencana pembangunan Museum Cina Melayu, Rabu (9/9/20). ( Ist / Diskominfo Babel)

Gubernur Babel Dukung Rencana Pembangunan Museum Harmoni di Kawasan Pariwisata Tanjung Gunung

10 September 2020 08:29 WIB

SonoraBangka.id - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman minta Yayasan Untaian Kasih Enam menyiapkan Master Plan (MP) untuk Kawasan Pariwisata Tanjung Gunung, Air Itam Pangkalpinang.

Agar kawasan seluas 30 hektar ini secara resmi menjadi kawasan pariwisata , Gubernur Erzaldi sarankan agar MP kawasan ini diusulkan untuk ditetapkan dulu oleh pemkot. Saran ini disampaikan Gubernur Erzaldi saat meninjau ke lokasi rencana pembangunan Museum Cina Melayu, Rabu (9/9/20).

Bertemu langsung dengan Gubernur Erzaldi, panitia pembangunan Museum Harmoni Babel ini menjelaskan bahwa kawasan ini milik Yayasan Untaian Kasih Enam.

Sejak lebih dari lima belas tahun yang lalu, Museum Harmoni Babel dengan pondasi dua lantai ini terhenti pembangunannya dan akan segera dilanjutkan tahun ini.

Apik Rasidi, salah seorang pemilik dan pengurus yayasan menceritakan bahwa rencana yayasan tidak hanya tentang pembangunan museum saja, tetapi juga menjadikan kawasan ini sebagai tempat berkumpulnya masyarakat Babel untuk beribadah, melakukan aktivitas budaya, hingga menjadi fasilitas umum dengan kapasitas yang cukup besar.

Bahkan di dalam kawasan ini akan dibangun rumah adat sebagai rumah singgah yang mewakili masing-masing kabupaten/kota.
“Ini merupakan semangat kami agar identitas dan jati diri peradaban di Babel tetap terekam melalui memori-memori yang terekam di museum,” ungkap Budayawan Akhmad Elvian.

Lebih lanjut dijelaskan, museum akan dibangun dengan gaya museum representatif kekinian yang multi fungsi. Selain sebagai museum, tempat ini juga menjadi lokasi aktivitas masyarakat Babel lainnya.

Luas bangunan museum kurang lebih 500 meter persegi dengan fungsi lantai bawah sebagai museum dan lantai atas sebagai galeri pameran atau fungsi kegiatan adat dan budaya hingga menarik minat wisata budaya dan keagamaan.

Menyambut baik rencana pembangunan-pembangunan ini, Gubernur Erzaldi pada kesempatan ini menceritakan bahwa pertemuan ini berawal dari diskusi di media sosial.

“Saya lihat kawan-kawan berniat baik untuk masyarakat Babel. 30 hektar kawasan ini akan bermanfaat bagi masyarakat Babel, lanjutkan!” ujarnya.

Gubernur Erzaldi yang hadir bersama Kajati Babel juga menyempatkan meninjau beberapa tempat ibadah yang sudah lebih dulu dibangun dan beroperasional di kawasan ini.

“Pak kajati juga pasti mendukung sekali, saya dan beliau sekaligus mengunjungi pura untuk mendata kekurangan fasilitas karena beliau adalah salah seorang pembimbing di pura ini,” ungkapnya.

Selain saran pengesahan MP kawasan ini, Gubernur Erzaldi juga mengingatkan untuk melengkapi fasilitas umum seperti halaman parkir dan jalan setapak yang aman dan nyaman bagi pengunjung.

“Setelah MP selesai, saya terbuka untuk membahas bersama agar lebih matang dalam perencanaannya,” pungkasnya.

SumberDiskominfo Babel
PenulisEdwin
EditorEdwin
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm