Ilustrasi memanaskan makanan dalam plastik dengan microwave.
Ilustrasi memanaskan makanan dalam plastik dengan microwave. ( Kompas.com)

3 Cara Mencairkan Makanan Beku Dengan Aman, Pilih Yang Mudah Bagimu

12 September 2020 12:06 WIB

SonoraBangka.id - Agar dapat dikonsumsi atau digunakan dengan aman, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencairkan makanan beku. Metode pencairan ini dapat digunakan untuk daging beku, unggas, dan makanan laut. Namun untuk sayuran beku, tidak perlu mencairkannya terlebih dahulu. Hal ini karena sebagian besar sayuran bisa dimasak tanpa dicairkan. Dalam mencairkan makanan beku dengan aman, penting untuk mengikuti pedoman di bawah ini. Hal ini karena bakteri dapat berkembang biak dengan cepat. Berikut ini metode mencairkan makanan beku, yang dilansir dari All Recipes dan Eat Right, pilih yang mudah bagimu.

1. Cairkan di Kulkas

Makanan beku sebagian besar bisa membutuhkan waktu satu hari penuh (atau semalam) untuk mencair. Mungkin akan mencair dalam beberapa jam umtuk makanan beku berukuran kecil, sementara makanan yang lebih besar akan membutuhkan waktu yang jauh lebih lama. Oleh karena itu, sebelum bahan digunakan pencairan harus dilakukan dalam jarak waktu cukup jauh. Metode ini adalah teknik pencairan yang paling lambat tetapi paling aman. Nah, untuk melakukan metode pencairan di kulkas bagian chiller caranya yaitu, letakkan makanan beku di atas piring atau dalam wadah, untuk menampung cairan yang mungkin bocor. Simpan bahan yang sedang dicairkan di rak paling bawah lemari es. Keesokan hari, bahan makanan siap diolah. Makanan apa pun yang telah dicairkan di lemari es dapat dibekukan kembali, baik sebelum atau sesudah dimasak.

2. Dalam Air Dingin

Dibandingkan dengan mencairkan di lemari e, ini adalah metode pencairan yang lebih cepat Namun, cara ini bisa memakan waktu beberapa jam tergantung beratnya. Masukkan bahan beku ke dalam kantong atau wadah plastik kedap air. Kemudian rendam ke dalam air dingin. Pastikan untuk mengganti air setiap 30 menit. Masak segera setelah dicairkan. Makanan yang sudah dicairkan dengan metode ini tidak dapat dibekukan kembali dalam keadaan mentah. Jadi kamu harus memasak semua makanan yang dicairkan dengan metode ini, sebelum makanan dibekukan kembali.

3. Pakai Microwave

Singkirkan dahulu plastik atau pembungkus luar kemasannya sebelum mulai mencairkan bahan makanan beku dengan di microwave, Tempatkan makanan beku ke dalam wadah dan penutup tahan microwave. Ikuti instruksi penggunaan microwave untuk mencairkan makanan. Masak segera setelah dicairkan. Sama seperti metode sebelumnya, makanan yang dicairkan dengan microwave tidak dapat dibekukan kembali dalam keadaan mentah. Oleh karena itu, seluruh bahan perlu dimasak. Jika kamu tidak memiliki cukup waktu untuk mencairkan makanan sebelum dimasak, maka aman untuk memasak makanan dalam keadaan beku. Namun waktu memasak akan sekitar 50 persen lebih lama daripada makanan yang sudah terlebih dahulu dicairkan. Sebagian besar sayuran beku bisa dimasak tanpa dicairkan. Masak dalam setengah gelas air, tiriskan dan bumbui dengan bumbu favorit.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Cara Cairkan Makanan Beku, Mana yang Lebih Efektif?", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/09/11/210500775/3-cara-cairkan-makanan-beku-mana-yang-lebih-efektif-?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm