Ilustrasi Cuci Tangan
Ilustrasi Cuci Tangan ( Shutterstock )

Cuci Tangan Pakai Air Dan Sabun, Cara Ampuh Bunuh Kuman. Benarkah ?

12 September 2020 19:57 WIB

SonoraBangka.id - Mencuci tangan dengan sabun (CTPS) dikenal sebagai salah satu upaya pencegahan penyakit.

Saat ini penggunaan air dan sabun dianggap tetap yang paling efektif untuk membunuh kuman.

Walaupun saat ini ada berbagai pilihan alternatif cuci tangan dengan cairan mengandung alkohol.

Cuci tangan dengan sabun dan air adalah tindakan sanitasi, setidaknya demikian seperti kutipan laman Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI tahun 2014.

Berbagai penelitian membuktikan, kebiasaan cuci tangan berkolerasi dengan penurunan penyakit, seperti diare, flu, penyakit mata, hingga Covid-19.

Tangan dan jari dapat membawa kuman, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Tangan dan jari jemari juga kerap menjadi agen pembawa kuman dan menyebabkan patogen berpindah dari satu orang ke orang lain.

Kita mungkin tidak akan 100 persen menghilangkan risiko tertular virus corona, walaupun sudah mencuci tangan.

Namun cara ini adalah tindakan yang paling masuk akal dan paling disarankan.

Karena kita tidak tahu pasti seberapa kali menyentuh wajah dengan tangan yang mungkin terkontaminasi virus, atau dari orang yang batuk atau bersin orang yang terinfeksi.

Sumbangan wastafel

PT.Danareksa menyumbangkan 80 unit wastafel portabel ke beberapa tempat yang memiliki interaksi sosial tinggi, seperti pasar dan kampus.

Hal ini dilakukan sebagai upaya menggalakkan kebiasaan mencuci tangan.

Putu Dewika Angganingrum, Corporate Secretary PT.Danareksa, menjelaskan, set wastafel ini telah disesuaikan dengan protokol kesehatan, yaitu mengalirkan air, pengguna tidak perlu menyentuh, melainkan cukup menginjakkan kaki, serta dilengkapi petunjuk cara cuci tangan.

Dikatakan Putu, bahwa dengan semakin banyak wastafel di tempat umum, masyarakat juga akan makin mudah mengakses air bersih untuk mencuci tangan sebelum atau setelah beraktivitas.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cuci Tangan dengan Air dan Sabun Paling Efektif Bunuh Kuman", Klik untuk baca: https://lifestyle.kompas.com/read/2020/09/12/150000420/cuci-tangan-dengan-air-dan-sabun-paling-efektif-bunuh-kuman.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm