Ilustrasi
Ilustrasi ( margouillatphotos)

Agar Rasa Tidak menjadi Asam, Berikut Cara Memncuci Dan Mneyimpan Tahu

13 September 2020 14:59 WIB

SonoraBangka.id - Tahu termasuk bahan makanan yang cepat berubah kualitasnya dalam waktu beberapa jam atau hari setelah pembelian. Tahu merupakan bahan makanan bertekstur lembut hasil olahan dari kedelai. Di Indonesia tahu umum dijual dalam bentuk tahu putih dan tahu goreng. Untuk mempertahankan kualitasnya lebih lama, ada cara untuk mencuci dan menyimpan tahu. Tahu yang kualitasnya menurun, biasanya memiliki ciri rasa asam dan bau kecut. Dikutip dari Sajian Sedap, berikut cara mencegah tahu jadi asam :

1. Dicuci di bawah air mengalir

Cara mencegah tahu agar tidak berubah asam yaitu cuci tahu dibawah air mengalir segera setelah dibeli. Perhatikan saat mencuci tahu putih, aliran air jangan terlalu deras sebab dapat menghancurkan tahu yang memiliki tekstur lunak. Gosok-gosok tahu selama mencuci agar bersih.  Jenis tahu yang dapat dibeli di pasaran ada dua macamnya, yang putih tidak berkulit dan cokelat yang berkulit. Jenis tahu tidak berkulit seperti tahu sutra, tahu kuning, tahu bandung. Sementara jenis tahu berkulit seperti tahu pong dan tahu coklat.

2. Direbus sebelum disimpan

Ada cara untuk mencegah tahu berubah menjadi asam. Kamu bisa merebus tahu sebentar sampai mendidih  apabila tahu tidak langsung dimasak. Proses perebusan ini dapat menghentikan fermentasi bakteri pada tahu, sehingga rasa dan aroma tahu tidak akan berubah asam. Setelah direbus, tahu siap disimpan dalam wadah tertutup. Sementara itu untuk jenis tahu berkulit, sebelum direbus peras dahulu tahu sampai air yang ada di dalam tahu keluar. Lalu rebus tahu di air panas dalam waktu agak lama. Kemudian tiriskan dan peras kembali tahu supaya benar-benar bersih. Tahu kulit siap disimpan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Cuci dan Simpan Tahu Agar Rasa Tidak Asam", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/09/13/081200275/cara-cuci-dan-simpan-tahu-agar-rasa-tidak-asam.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm