Petugas SPBU menggunakan alat pelindung wajah saat melayani pengendara di SPBU Pertamina 31.128.02 di Jl. Letjen M.T. Haryono, Jakarta Timur, Senin (1/6/2020). Penggunaan alat pelindung wajah (Face Shield) tersebut sebagai salah satu upaya untuk melindungi diri saat berhubungan langsung dengan penge
Petugas SPBU menggunakan alat pelindung wajah saat melayani pengendara di SPBU Pertamina 31.128.02 di Jl. Letjen M.T. Haryono, Jakarta Timur, Senin (1/6/2020). Penggunaan alat pelindung wajah (Face Shield) tersebut sebagai salah satu upaya untuk melindungi diri saat berhubungan langsung dengan penge ( kompas.com)

Mencampur Dua Jenis Bensin Yang Berbeda, Ternyata Tidak Semudah Yang Dibayangkan

14 September 2020 20:31 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Mencampur varian bensin untuk mendapat nilai oktan yang diinginkan cukup banyak dilakukan demi alasan ekonomi. Kendati demikian mengoplos dua jenis bensin yang berbeda, ternyata tidak semudah yang dibayangkan.

Probo Prasiddhahayu dari Pertamina Sales Area Manager Retail Banten, mengatakan, untuk mendapat nilai oktan yang tepat tidak sesederhana mencampur dua jenis bensin dengan oktan berbeda.

"Tidak sederhana ketika nambah oktan hitung-hitungan RON 95 ditambah RON 88 menjadi RON 92 tidak sesederhana itu hitung-hitungannya. Karena perlu riset dan uji coba dan uji mutu yang sempurna sehingga menghasilkan RON yang telah ditetapkan," kata Probo dalam video telekonferensi Jumat, pekan lalu.

Misalkan mau mendapat RON 90 seperti Pertalite, pemilik kendaraan kemudian mencampur Pertamax dengan RON 92 ditambah Premium dengan RON 88.

"Katakanlah kita oplos, ketika kita beli Premium ingin merasakan hasil seperti apa yang Pertamax berikan, maka kita campurkan dengan Pertalite, jadi persepi oplos mengoplos tidak sederhana itu," kata Probo.

Probo mengatakan, supaya mendapat spesifikasi tertentu perusahaan minyak dan gas (migas) termasuk Pertamina menggunakan ramuan yang tidak bisa diungkap.

Tangki kosong

Lalu bagaimana kalau suatu kendaraan ingin mengganti bensin dengan jenis berbeda?

Idealnya, adalah dengan mengosongkan tangki terlebih dahulu, baru kemudian menuangkan bensin baru yang diinginkan.

"Saran kami, silahkan mungkin tidak harus tangkinya kosong. Katakankah kita menggunakan Pertalite ingin ganti Turbo, tidak juga harus menunggu tangki kosong. Itu akan terasa ketika pengisian berangsur dua hingga tiga kali baru kita bisa merasakan benefitnya," kata Probo.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mencampur Bensin Kerap Dilakukan, tetapi Tidak Semudah Itu", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2020/09/14/102200815/mencampur-bensin-kerap-dilakukan-tetapi-tidak-semudah-itu.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm