Gubernur Babel Erzaldi Rosman
Gubernur Babel Erzaldi Rosman ( )

Pemprov Babel Serahkan Bantuan Sapi dan Bibit Lada serta KUR

15 September 2020 19:52 WIB

SonoraBangka.id – Pemprov. Kepulauan Bangka Belitung (Babel) memberikan bantuan sapi dan bibit lada serta penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada kelompok tani yang ada di beberapa desa di Kecamatan Air Gegas. Kegiatan ini berlangsung di Balai Desa Bencah Kabupaten Bangka Selatan, Selasa (15/9/20).

Gubernur Erzaldi dalam arahannya mengatakan, KUR merupakan salah satu cara untuk permodalan usaha bagi petani sehingga usaha pertanian dapat berkembang. Menurutnya, saat ini ada beberapa komoditi yang akan dikembangkan oleh petani dan investornya sudah ada. Komoditi yang akan dikembangkan sekarang selain lada yaitu, tanaman porang dan jahe merah.

"Kami tidak lagi memberikan bantuan modal secara langsung tetapi, melalui KUR bisa memberikan motivasi bagi petani," jelas Gubernur Erzaldi. Lebih lanjut dijelaskan, untuk tanaman porang harga jual sekarang Rp 7.000 hingga Rp 8.000 dan komoditi ini siap untuk diekspor.

Selain porang, ke depan tanaman nanas akan diekspor juga, termasuk jahe merah. Untuk itu dalam waktu dekat ini, Pemprov. Babel akan mendirikan UPT yang menangani ekspor jenis tanaman holtikultura.

"Intinya, kami pemerintah ini untuk membuat nilai tukar petani itu meningkat. Kita jangan bergantung dengan satu jenis komoditi, tetapi beragam komoditi sehingga pendapatan petani meningkat," tuturnya.

Oleh karena itu, di kesempatan ini Gubernur Erzaldi mengajak petani untuk menanam berbagai komoditi dalam satu hamparan sehingga, satu sama lainnya saling mendukung dan secara tidak langsung pendapatan petani lebih baik.

"Penjualan sahang kita ke depan dengan sistem bursa. Petani bisa menjual ladanya sendiri melalui online. Itulah sebabnya kami mengangkat petani milenial di setiap desa menjalankan program ini. Masalah modal kita siapkan perbankan yang ditunjuk Pemprov. Babel, kita ada BUMD," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Juaidi mengatakan, bantuan Dinas Pertanian Provinsi Kepulauan Babel di bidang peternakan antara lain, bantuan 10 sapi betina kepada kelompok tani bejemur, bantuan pakan ternak untuk Desa Nyelanding, dan 2.000 polobag bibit legum indigofera. Bantuan yang sama juga diberikan untuk kelompok tani rukun sentosa, serta Desa Sumber Jaya Permai.
Selain itu ada bantuan tanaman pangan berupa benih padi indrida, jagung hibrida, dan UPH jagung, juga bantuan sarana produksi cabai seluas 30 hektar.

SumberDiskominfo Babel
PenulisEdwin
EditorEdwin
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm