Ilustrasi Odading
Ilustrasi Odading ( historia.id)

Odading, Roti Goreng Khas Bnadung Yang Sedang Viral, Ini Resepnya

16 September 2020 14:18 WIB

SonoraBangka.id - Odading mendadak viral sejak video penjualnya bernama Mang Sholeh yang promosi dengan kata-kata kasar dan nyeleneh ditambah dengan  nada ngegas. Odading merupakan roti goreng khas Kota Bandung, odading semakin ramai diperbincangkan setelah video review kuliner yang dibuat artis Instagram Ade Londok viral di media sosial. Dengan bahan yang sederhana dan cara yang tidak rumit kamu juga bisa membuatnya di rumah. Lucky Nugraha Pastry cook The Jayakarta Suite Bandung membagikan resep odading. Chef asli Sunda itu memaparkan bahwa kamu hanya butuh bahan utama berupa tepung terigu, telur, gula, dan ragi instan untuk membuat odading yang tengah viral ini.

Resep odading

Bahan :

  • 250 gram tepung terigu protein tinggi
  • 1 buah telur
  • 60 gram gula pasir
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok makan ragi instan
  • 60 gram susu full cream
  • 100-200 ml air

Cara membuat odading

  1. Pertama, larutkan ragi instan ke dalam air hangat. Biarkan sampai berbuih.
  2. Langkah selanjutnya, campurkan semua adoan kering, lalu sisihkan.
  3. Kemudian kocok telur dan gula sampai gula larut. Masukkan ke dalam adonan kering dan campur rata. Tambahkan larutan air, ragi instan, serta full cream. Aduk sampai kalis.
  4. Istirahatkan adonan dan tutup dengan kain lembap atau plastik selama 20 menit.
  5. Setelah itu, potong adonan dan goreng dengan api sedang. Goreng sampai coklat keemasan. Setelah itu sajikan selagi hangat.

    Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Membuat Odading yang Lagi Viral, Roti Goreng khas Bandung", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/09/16/100300975/cara-membuat-odading-yang-lagi-viral-roti-goreng-khas-bandung.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm