Ilustrasi
Ilustrasi ( makanabis.com)

6 Bahan Yang Digunakan Sebagai Pengganti Minyak Wijen Untuk Masakan

16 September 2020 15:32 WIB

SonoraBangka.id - Umumnya minyak wijen ada di resep makanan peranakan, Jepang, atau Korea. Namun di beberapa daerah minyak wijen sulit ditemui. Bisa jadi pula saat mau masak kamu tiba-tiba kehabisan minyak wijen. Ada beberapa bahan pengganti minyak wijen untuk masakan, seperti yang dikutip dari BHG.com.au berikut ini:

1. Minyak zaitun

Dapat menjadi pengganti minyak wijen karena minyak zaitun memiliki kandungan lemaknya yang sehat. Jika membutuhkan rasa yang kuat dari minyak extra virgin zaitun bekerja lebih baik daripada minyak wijen panggang. Meskipun tidak bisa menggantikan rasa khas wijennya minyak zaitun juga bisa menjadi minyak memasak.

2. Minyak kanola

Minyak netral ini adalah juga bisa menjadi pengganti minyak wijen yang bagus karena rasanya tidak terlalu kuat. Minyak ini juga tidak menggubah rasa pada makanan secara keseluruhan. Minyak kanola dapat digunakan untuk menumis, menggoreng, atau memanggang.

3. Minyak perilla

Minyak perilla, salah satu minyak yang sering digunakan pada makanan Korea berasal dari biji perilla. Denga rasa seperti kacang tanah yang mirip dengan minyak wijen bisa meniru rasa minyak wijen panggang. Minyak ini juga cocok untuk menggoreng.

4. Minyak kenari

 Minyak kenari adalah pengganti yang cocok untuk saus mentah dressings yang biasanya memakai minyak wijen panggang. Minyak kenari juga cocok sebagai bumbu masakan Asia.

5. Minyak alpukat

Meski sulit dicari di toko biasa minyak alpukat juga masuk dalam daftar pengganti minyak wijen. Meskipun tidak memiliki rasa kekacangan sepereti minyak wijen tapi kamu akan mendapatkan rasa alpukat yang lembut. Minyak ini juga serbaguna terutama untuk memasak dengan panas tinggi.

6. Tahini

Tahini pasta biji wijen yang bahan populer dari Timur Tengah bisa juga menggantikan minyak wijen. Tahini memiliki rasa yang lumayan kuat, gurih seperti minyak wijen dan tekstur lembut. Bahan ini dapat dioleskan pada makanan atau ditambahkan ke masakan. Jika hanya memerlukan tekstur minyaknya saja, kamu bisa mengencerkannya dengan minyak sayur lain, tapi dipastikan juga agar rasa khas tahini tidak hilang.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "6 Bahan Pengganti Minyak Wijen untuk Masakan", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/09/11/150800075/6-bahan-pengganti-minyak-wijen-untuk-masakan?page=all#page2



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm