Prawn Capellini with Laksa Broth
Prawn Capellini with Laksa Broth ( Dok. Oakwood Apartments PIK Jakarta)

Prawn Capellini with Laksa Broth, Sajian Pasta Dengan Bumbu Nusantara

17 September 2020 20:26 WIB

SonoraBangka.id - Capellini atau angel hair adalah salah satu varian pasta yang mungkin kamu asing. Pasta jenis ini mirip spageti, hanya saja diameternya yang jauh lebih kecil sehingga membuatnya sangat tipis. Pasta jenis ini cocok diolah jadi banyak varian. Salah satunya cocok jika kamu ingin bereksperimen memadukan pasta khas Italia dengan bumbu khas Nusantara yang kuat rasanya. Chef Sujadi dari Oakwood Apartments PIK Jakarta mencoba bereksperimen memadukan pasta angel hair dengan bumbu Nusantara yakni kuah laksa. “Pasta kan biasa kita pakai saus tomat, olive oil, atau krim. Jadi sekarang kita pakai khas Nusantara pakai kuah laksa,” kata Chef Sujadi dalam sesi #MasakdiRumahAja di Live Instagram @kompas.travel. Kamu bisa contek resep Prawn Capellini with Laksa Broth ala Chef Sujadi berikut ini jika Penasaran ingin mencobanya di rumah.

Resep Prawn Capellini with Laksa Broth

Bahan:

  • 1 sendok teh bawang putih cincang
  • Mentega secukupnya
  • 1 buah jeruk nipis (kulit dan airnya)
  • 100 ml santan kelapa
  • 2 sendok teh gula (secukupnya)
  • ½ sendok teh garam (secukupnya)
  • 100 gram angel hair pasta
  • 4 ekor udang Vaname Perkedel kentang, untuk lauk tambahan

Bumbu halus:

  • Kunyit secukupnya
  • 40 gram bawang merah
  • 30 gram bawang putih
  • 15 gram kemiri

Cara membuat Prawn Capellini with Laksa Broth:

  1. Rebus pasta dengan air mendidih selama kurang lebih 7-8 menit, angkat lalu sisihkan. “Kalau masaknya dengan bumbu yang kuat seperti ini, lebih baik pakai pasta yang tipis seperti angel hair supaya bumbunya bisa cepat dan lebih banyak menyerap,” kata Chef Sujadi.
  2. Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit hingga halus dengan blender.
  3. Tumis bumbu halus hingga wangi dan sedikit mengering, tuangkan santan.
  4. Setelah mendidih, tambahkan gula, garam, dan penyedap. Masak hingga matang, matikan api lalu sisihkan.
  5. Panaskan minyak di wajan. Masukkan bawang putih cincang lalu tumis. Masukkan udang yang sudah direbus sebentar ke dalam wajan. Aduk rata dan tumis hingga harum.
  6. Beri sedikit air agar bumbu mudah larut. Beri garam dan lada putih secukupnya.
  7. Masukkan pasta angel hair yang sudah direbus sebelumnya. Aduk rata, lalu tambahkan sedikit mentega.
  8. Tata angel hair dan udang yang sudah ditumis tadi di atas piring cekung. Tambahkan perkedel kentang dan garnish daun kemangi serta kulit tomat.
  9. Tuangkan kuah laksa, lalu sajikan selagi hangat.

Artikel ini telah tayang di Kompas.comdengan judul "Resep Prawn Capellini with Laksa Broth, Sajian Pasta Gaya Indonesia", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/09/17/190100775/resep-prawn-capellini-with-laksa-broth-sajian-pasta-gaya-indonesia?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm