Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman dan Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru menghadiri focus group discussion (FGD) Rencana Pembangunan Jembatan Bangka-Sumatera (Bahtera), di kantor Gubernur Babel, Kamis (17/9/2020).
Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman dan Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru menghadiri focus group discussion (FGD) Rencana Pembangunan Jembatan Bangka-Sumatera (Bahtera), di kantor Gubernur Babel, Kamis (17/9/2020). ( Bangkapos/ Riki Pratama)

Babak Baru Jembatan Bahtera Sriwijaya, Dibangun Dari Desa Sebagin Hingga Tanjung Tapak

18 September 2020 11:11 WIB

SonoraBangka.ID - Terkait jembatan Bahtera Sriwijaya, Gubernur Sumsel Herman Deru dan Gubernur Babel Erzaldi Rosman sepakat membangun jembatan itu dari Desa Sebagin, Bangka Selatan ke Desa Tanjung Tapak Sumsel.

Jembatan yang menghubungkan Pulau Bangka dengan Sumatera Selatan, yang diperkirakan sepanjang 13,5 Km dengan biaya Rp 13 Triliun itu rencananya akan mulai dibangun pada 2023.

 

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Pemprov Babel, Noviar Ishak, menuturkan, untuk maket gambar dan perkiraan biaya baru bisa disampaikan apabila telah selesai Detail Engineering Design (DED).

"Kalau perkiraan biaya, baru bisa dihitung setelah FS (study kelayakan) dan lebih detail lagi setelah DED (Detail Engineering Design). Maket baru dibuat setelah DED," jelas Noviar Ishak kepada Bangkapos.com, Jumat (18/9/2020).

Selain itu, dia juga menjelaskan saat ini belum ada gambar atau animasi terkait rencana pembangunan jembatan Bahtera Sriwijaya tersebut.

"Belum bisa, kalau pun ada, animasi saja, pemilihan dan bentuk struktur belum ada. Tetapi untuk perkiraan sementara, kasar, kalau membandingkan dengan jembatan yang sudah ada Suramadu, misalnya total biaya bisa sebesar Rp 15 Triliun," terang Noviar.

Lebih lanjut, Noviar pun sempat menerangkan terkait pembahasan pembangunan Jembatan Bahtera yang sudah lama mereka lakukan sejak tahun 2019.

"2019 lalu pernah ketemu dua Gubernur Babel dan Sumsel dengan Menteri Bappenas, tetapi belum masuk program stategis Nasional walau sudah mengarah ke sana, tetapi belum masuk. Lalu tahun 2020 Kementrian PUPR melajukan tahapan (FS) uji kelayakan," ungkap Noviar.

Ia menambahkan, terkait alternatif titik yang disepakati bersama dua Gubernur yakni Desa Sebagin, Bangka Selatan ke Desa Tanjung Tapak Sumsel, memiliki faktor keuntungan dan lokasi yang sering digunakan masyarakat untuk transportasi laut.

"Daerah itu secara umum digunakan masyarakat untuk bertransportasi lewat laut, karena jaraknya pendek. Apabila tahapan FS telah dilakukan Desember selesai, tahun depan masuk DED selesai 2023, bila uang ada, langsung sudah. Ibaratnya, kita memberikan ke orang tua, lalu ia mengatakan silakan kerjakan," kata Noviar.

Artikel ini telah tayang di bangkapos.com dengan judul Jembatan Bahtera Sriwijaya Butuh Dana Rp 35 Triliun, Dibangun dari Desa Sebagin Hingga Tanjung

Sumberbangka pos
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm