Anggota Pansus Peternakan DPRD Babel Adet Mastur
Anggota Pansus Peternakan DPRD Babel Adet Mastur ( SonoraBangka.id / Edwin)

Dorong Babel Jadi Daerah Swasembada Daging, DPRD Bentuk Pansus Bahas Perda Peternakan

18 September 2020 13:32 WIB

SonoraBangka.id - Provinsi Bangka Belitung (Babel) mempunyai dua komoditas unggulan peternakan yaitu sapi dan unggas.Untuk menuju daerah swasembada daging, Dprd Babel melalui Pansus peternakan saat ini sedang membahas Perda Penyelenggaraan Peternakan dan Kesehatan Hewan.

Anggota Pansus Peternakan DPRD Babel Adet Mastur mengatakan Babel selalu mengalami persoalan daging terutama sapi.

"Hampir setiap kali lebaran, kita mengalami permasalahan-permasalahan daging. Dengan banyaknya komoditas sapi, berarti harga daging akan menurun dan bisa dinikmati oleh masyarakat yang ada di Babel," ujar Adet kepada wartawan beberapa hari lalu.

Berkenaan dengan peternakan sapi, Adet mengharapkan di dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) maupun Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM), Babel dapat menjadi daerah swasembada daging.

"Jadi untuk mempersiapkan regulasi ini, kita juga akan mempersiapkan infrastruktur, karena kita sudah ada Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) tentang peternakan yang ada di Air Pelempang (Kabupaten Bangka)," ungkapnya.

Lebih lanjut Adet menyebutkan, ada dua program untuk peternakan sapi, yakni, program penggemukan dan perkembangbiakan sapi.

"Nah untuk perkembangbiakan sapi ini diserahkan kepada masyarakat lewat kelompok-kelompok peternakan yang ada di Babel,Kelompok-kelompok peternakan ini sudah banyak sekali di Babel. Hampir di setiap desa, mereka beternak sapi dan di dalam APBD kemarin, kita juga sudah mengasuransikan sapi ini," terangnya.

"Selain sapi, produk unggulan Babel yang akan di atur dalam Perda adalah hewan unggas jenis ayam, yang dibagi menjadi dua program, yakni, ayam potong dan ayam ras merawang,"tambahnya.

PenulisEdwin
EditorEdwin
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm