ilustrasi cakwe(
ilustrasi cakwe( ( Patricia Dulasi / shutterstock)

Agar Gurih, Renyah, Dan Berongga, Berikut Tips Membuat Cakwe Goreng

19 September 2020 15:35 WIB

SonoraBangka.idCakwe goreng dan odading merupakan hidangan roti goreng yang memang sering dijual bersama oleh penjual. Namun cara membuat cakwe goreng tidak sesederhana membuat odading. Cara membuat cakwe lebih rumit ketimbang odading. Terlebih bagi kamu yang mengincar cakwe dengan tekstur renyah, berongga, dan mengembang. Jangan khawatir agar proses bikin cakwe anti gagal, berikut simak enam tips membuat cakwe goreng dari Sajian Sedap

1. Gunakan adonan biang

Bagi adonan menjadi dua yaitu adonan biang dan adonan tepung, jangan campur semua bahan cakwe sekaligus. Adonan biang merupakan campuran dari ragi, air, dan gula pasir. Fungsi adonan biang ini membuat cakwe mengembang lebih baik. Kocok adonan biang sampai tercampur rata dan berbusa sebelum dimasukkan ke adonan tepung. Ingat untuk menggunakan ragi aktif, karena ini juga jadi faktor penting cakwe mengembang. Faktor penting lainnya adalah mengikuti resep. Adonan biang yang terlalu banyak membuat cakwe terlalu berongga dan mengembang. Akhirnya jadi cepat kempis.

2. Tambahkan amoniak

Dalam membuat cakwe, amoniak juga merupakan bahan penting. Zat ini banyak dijual dalam bentuk bubuk di toko bahan kue. Jangan menggunakan amoniak terlalu banyak karena akan membuat bau makanan tak sedap. Selain itu juga bisa menyebabkan iritasi saluran pernafasan, tenggorokan, dan juga paru-paru. Sebagai pengganti amoniak, kamu bisa menggunakan baking powder dan baking soda. Namun hasilnya tidak akan seperti cakwe karena bentuk dan pengembangannya berbeda.

3. Istirahatkan adonan dalam waktu lama

Faktor penting lain dalam membuat cakwe adalah sabar. Pasalnya adonan cakwe harus diistirahatkan dalam waktu lama, minimal enam jam dengan ditutupi plastik atau serbet. Seorang pedagang cakwe yang Kompas.com temui mengatakan ia butuh waktu satu malam untuk mengistirahatkan adonan cakwe.

4. Bantu cakwe mengembang sebelum digoreng dengan cara manual

Sebelum menceburkan cakwe ke minyak goreng, tarik sedikit cakwe agar bentuknya memanjang. Hal ini membantu cakwe untuk mengembang lebih baik saat digoreng.

5. Gunakan minyak goreng panas

Pastikan minyak goreng sudah panas sebelum menggoreng cakwe. Gunakan api kompor sedang cenderung besar untuk menggoreng cakwe. Jangan takut cakwe tidak matang. Pasalnya adonan cakwe sebelum digoreng sudah digiling tipis dan ditarik.

6. Jangan goreng cakwe sekaligus

Hal ini bertujuan agar cakwe memiliki ruang untuk mengembang di wajan penggorengan. Adonan cakwe yang sukses dapat mengembang lima kali lipat lebih besar saat sebelum adonan digoreng.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "6 Tips Bikin Cakwe Goreng Gurih, Renyah, dan Berongga", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/09/18/105833075/6-tips-bikin-cakwe-goreng-gurih-renyah-dan-berongga?page=all#page2.


KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm