Ilustrasi kondisi bensin di mobil (Stanly/Otomania)
Ilustrasi kondisi bensin di mobil (Stanly/Otomania) ( kompas.com)

Berapa Jauh Mobil Bisa Digunakan Untuk Menempuh Perjalanan Saat Indikator BBM Menyala?

19 September 2020 17:50 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Kebiasaan masing-masing pemilik kendaraan roda empat memang berbeda-beda. Baik itu dari sisi perawatan, penggunaan sampai dengan pengisian bahan bakarnya.

Ada yang langsung melakukan pengisian bensin ketika indikator bahan bakar berada di tengah-tengah agar tidak kehabisan di tengah jalan.

Tetapi, tidak sedikit pula yang baru melakukan pengisian bensin pada saat jarum bahan bakar yang ada di dashboard menunjukkan tanda di huruf E (empty).

Ketika indikator BBM menunjukkan huruf E bensin yang di dalam tangki masih tersedia beberapa liter. Dan sisa bahan bakar tersebut masih bisa digunakan untuk mencari SPBU guna melakukan pengisian.

Tetapi, berapa jauh mobil bisa digunakan untuk menempuh perjalanan saat indikator berada pada posisi E?

Bambang Supriyadi dari Executive Coordinator Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM)  mengatakan, ketika indikator BBM berada di huruf E kendaraan masih bisa dikendarai hingga puluhan kilometer.

“Rata-rata mobil memiliki kapasitas tangki 40 sampai 45 liter. Jika pada kondisi sudah di E, mobil masih bisa bergerak kurang lebih 30 kilometer sampai 60 kilometer,” kata Bambang kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Bambang menambahkan, saat bahan bakar yang tersisa ditunjukkan dengan indikator E sebenarnya masih ada rest atau cadangan yang bisa digunakan oleh kendaraan.

“Ada cadangan sekitar 3 liter sampai 6 liter, dan bisa digunakan sampai 60 kilometer dengan catatan kondisi jalan lancar atau tidak macet,” ujar Bambang.

Di samping itu, jarak tempuh tersebut juga dipengaruhi beban kendaraan itu sendiri. Semakin berat beban kendaraan tentunya tingkat konsumsi bahan bakar juga akan semakin banyak.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm