Ilustrasi anak
Ilustrasi anak ( DOK. PIXABAY)

Yuk, Ajarkan Anak Untuk Hidup Mandiri Sejak Dini Dengan Cara Ini

20 September 2020 11:15 WIB

 

SonoraBangka.id - Mengajarkan kemandirian pada anak nyatanya perlu dilakukan sejak usia dini agar sikap mandiri benar-benar tumbuh dalam diri.

Pada usia 2 hingga 5 tahun, sikap anak anak terbentuk menjadi sebuah fondasi yang akan dibawanya hingga dewasa.

Penting bagi orangtua untuk membuat anak-anak mereka merasa bahwa mereka mampu melakukan sesuatu, meski rasa sayang kita terhadap anak begitu besar.

Agar anak bisa bertindak sendiri dan bersikap seperti anak besar yang bisa bertanggung jawab mengatasi masalahnya, ada baiknya orangtua meyediakan peluang untuk itu.

Jacqueline Sperling, seorang psikolog klinis dan instruktur psikologi di Harvard Medical School dan Harvard Extension School, berbagi beberapa strategi tentang bagaimana menumbuhkan kemandirian pada anak-anak bahkan di usia muda.

Dia berkata, orangtua juga harus mengizinkan anak-anak menyiapkan makanan kecil mereka sendiri atau memesannya sendiri.

Mintalah juga pada mereka untuk memilih pakaian mereka sendiri atau membiarkan mereka mengajukan pertanyaan kepada orang-orang tertentu, seperti bertanya harga di toko mainan.

Selain itu, mulailah mengizinkan mereka berjalan sendiri ke rumah teman jika jaraknya terbilang dekat.

Dikatakan Sperling, bahwa untuk secara bertahap melibatkan anak-anak dalam pekerjaan rumah, sehingga nantinya membuat mereka merasa mampu melakukannya dan membantu orangtua.

Latih mereka untuk mempraktikkan tiga perilaku setiap hari.

Ini mengajarkan mereka tentang bagaimana melakukan sesuatu sendiri dan menjaga diri mereka sendiri.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm