Ilustrasi zeppole, roti goreng dari Italia.
Ilustrasi zeppole, roti goreng dari Italia. ( SHUTTERSTOCK/OLGA LARIONOVA)

Cara Membuat Zeppole Roti Goreng Bertabur Gula Bubuk Dari Italia

20 September 2020 14:59 WIB

SonoraBangka.id - Zeppole adalah roti goreng bertabur gula bubuk dari Italia yang sering disajikan dalam kantong kertas coklat atau kertas perkamen kerucut. Bentuk zeppole seperti bola bisbal. Terkadang terdapat isian kismis di dalam zeppole yang memberikan sedikit rasa manis. Zeppole mudah dibuat di rumah dan tidak membutuhkan waktu lama. Berikut adalah resep zeppole dari Italia melansir Food Republic.

Resep zeppole

Bahan

  • 1 cangkir (110 gram) tepung terigu
  • 2 1/4 sendok teh soda kue
  • 1/4 cangkir (30 gram) gula
  • 1 cangkir keju ricotta
  • 1 sendok teh ekstrak vanili
  • 2 butir telur, kocok rata
  • Gula halus, untuk hiasan
  • Minyak sayur untuk menggoreng

Cara membuat zeppole

  1. Campurkan tepung terigu, soda kue, dan gula. Aduk rata.
  2. Tambahkan telur, ekstrak vanili, dan ricotta. Aduk hingga rata. Konsistensinya akan seperti adonan kental.
  3. Tuang minyak ke dalam panci berukuran 3 liter. Kedalaman minyak lebih kurang 5 cm. Panaskan dengan api sedang sampai suhunya sekitar 190 derajat celsius.
  4. Ambil adonan menggunakan sendok makan. Goreng 3-4 bulatan dalam satu waktu. Jangan terlalu banyak memasukkan adonan karena nantinya akan mengembang.
  5. Goreng sekitar 3 menit atau sampai semua sisinya kecoklatan dan matang merata.
  6. Pindahkan zeppole goreng ke atas kertas minyak. Langkah ini berguna untuk menyerap minyak berlebih. Taburkan gula bubuk. Sajikan zeppole selagi hangat.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Zeppole, Roti Goreng dari Italia", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/09/20/080700975/resep-zeppole-roti-goreng-dari-italia.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm