Ilustrasi karamel creme brulee sedang digosongkan menggunakan torch.
Ilustrasi karamel creme brulee sedang digosongkan menggunakan torch. ( SHUTTERSTOCK/Kateryna Ovcharenko)

Apa sebenarnya creme brulee? Krim Karamel Gosong Dar Perancis

21 September 2020 16:41 WIB

SonoraBangka.id - Nama creme brulee dalam bahasa Perancis berarti “burnt cream” atau "krim gosong". Creme brulee adalah puding klasik dari Perancis yang bagian atas dessert ini diberi gula karamel kemudian digosongkan menggunakan torch. Bahan utama creme brulee adalah susu cair, kuning telur, gula pasir, dan krim kental. Bukan hanya bentuk dan rasanya, sejarah creme brulee pun menarik untuk dikulik. Berikut ulasan selengkapnya.

Sejarah creme brulee

Melansir Foodservice Equipment, Supplies & Design | PJP, creme brulee diklaim berasal dari Inggris dan Spanyol. Pada abad ke-15, ditemukan resep makanan penutup yang mirip dengan creme brulee. Bahan utama resep ini berupa susu melimpah pada musim semi. Susu dimanfaatkan sebagai puding manis. Puding susu ini menjadi makanan musiman kala itu. Beberapa orang mengatakan, komponen gula karamel di atas creme brulee ditambahkan oleh seorang siswa dari Trinity College di Cambridge, Inggris. Siswa tersebut membuat sajian bernama Cambridge cream atau Trinity cream. Sejak saat itu, Cambridge cream menjadi menu populer di sekolah.

Krim karamel gosong populer di Eropa

Pada 1691 resep creme brulee tertulis di buku masak Perancis. Resep menyebutkan, puding susu ini diberi gula karamel yang sebelumnya sudah dicetak. Sementara creme brulee yang sekarang, gula dibakar langsung di atas puding. Sementara Spanyol mempunyai crema catalana, sama-sama puding susu dengan gula karamel gosong. Konon, dessert ini sudah ada antara abad ke-5 sampai ke-15. Cara membuat puding susu dengan gula gosong banyak dipraktikkan di Eropa sehingga tidak mudah menemukan pelopor creme brulee. Selanjutnya creme brulee tenar di Amerika pada 1980-an walaupun sudah ada sejak berabad-abad lalu. Sebuah restoran mewah di New York bernama Le Cirque memperkenalkan creme brulee kepada pada pelanggannya. Hal ini memengaruhi popularitas creme brulee di Amerika. Pada era populernya di Amerika hingga kini, terdapat beragam varian creme brulee. Seperti es krim rasa creme brulee, donat, kue mangkuk, roti panggang, bahkan krim kopi.

Apa sebenarnya creme brulee?

Mengutip The Spruce Eats, creme brulee adalah custard sederhana dengan topping gula karamel gosong dan agak keras., makanan penutup ini terbuat dari kuning telur, susu, cream, ekstrak vanili, gula dan bahan lainnya. Kuning telur mempunyai peran penting dalam membuat creme brulee. Kuning telur digunakan dalam jumlah banyak agar tekstur creme brulee lembut dan sedikit padat. Custard creamy yang tak begitu manis berpadu dengan gula karamel gosong, menciptakan rasa seimbang. Creme brulee termasuk dessert klasik nan ringan. Ciri khas creme brulee terletak pada rasa sedikit pahit dari gula karamel. Cara mematangkan custard-nya juga terbilang unik. Custard diletakkan dalam wadah, kemudian dioven. Loyang diberi sedikit air yang bertujuan membuat tekstur creme brulee tetap lembut dan lembab.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sejarah Creme Brulee, Dessert Krim Gosong dari Perancis", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/09/20/173500175/sejarah-creme-brulee-dessert-krim-gosong-dari-perancis?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm