Ilustrasi berkendara saat new normal (SHUTTERSTOCK)
Ilustrasi berkendara saat new normal (SHUTTERSTOCK) ( kompas.com)

Ini Alasan Perlu Menggunakan Masker Ketika Menyetir Mobil Sendiri

21 September 2020 17:38 WIB

SONORABANGKA.ID - Sebagaimana diketahui Beberapa waktu lalu sempat viral foto yang beredar di media sosial, memperlihatkan petugas yang menindak pengemudi yang tidak menggunakan masker.

Persoalan yang diperdebatkan, pengendara itu menyetir mobil milik sendiri dan hanya sendirian di dalam mobil.

Adalah Ketentuan menggunakan masker di dalam mobil sebenarnya diatur lewat Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 88 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar.

Pada pasal 18 ayat (4) disebutkan bahwa masyarakat yang menggunakan mobil pribadi diwajibkan memakai masker.

Berdasarkan dari hal tersebut, sebetulnya perlukah menggunakan masker ketika menyetir mobil sendiri?

Daniel Bramantyo, sebagai Dokter Rumah Sakit Pertamina Bina Medika,  menjelaskan, pemakaian masker sebenarnya adalah tindak pencegahan.

“Kalau memang kondisinya saat kita sendirian berada di dalam mobil, menggunakan mobil pribadi, tidak sharing dengan orang lain yang tidak tinggal satu rumah dengan kita, dan langsung ke titik tujuan, memang risiko penularannya rendah,” ujar Daniel saat dihubungi Kompas.com, Senin (21/9/2020).

Daniel melanjutkan, kalau pengemudi berkendara seorang diri tapi mengharuskannya berhenti di beberapa titik (tidak langsung ke tujuan), disarankan untuk selalu menggunakan masker.

“Seperti harus mengambil karcis parkir, bayar tol, atau pengemudi mampir ke tempat lain terlebih dahulu sebelum sampai tujuan diharuskan untuk menggunakan masker,” kata Daniel.

Domisili

Pada kesempatan yang sama, Dokter Rumah Sakit RSCM, Indrafebrina Sugianto, B.MedSci, menyetujui hal tersebut.

Menurut Indrafebrina, penggunaan masker di dalam mobil memang hal yang disarankan apalagi kalau ada orang lain di dalam mobil yang tidak satu domisili dengan pengemudi tersebut.

Kalau pengemudi berkendara sendiri juga masih ada risiko transmisi ketika ambil karcis, bayar parkir, tap kartu tol yang mengharuskan buka jendela dan ada orang lain diluar.

"Jika kita tidak menggunakan masker itu bisa berbahaya," kata Indrafebrina.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ini Alasan Nyetir Mobil Sendiri Juga Perlu Pakai Masker", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2020/09/21/134100415/ini-alasan-nyetir-mobil-sendiri-juga-perlu-pakai-masker?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm