Joshua sedang berbincang-bincang dengan Vidi Aldiano. (Bidikan layar YouTube Vidi Aldiano).
Joshua sedang berbincang-bincang dengan Vidi Aldiano. (Bidikan layar YouTube Vidi Aldiano). ( Kompas.com)

Dikenal sebagai Penyanyi Cilik, Joshua Suherman Alami Tekanan Saat Beranjak Dewasa

21 September 2020 22:55 WIB

SONORABANGKA.ID - Joshua Suherman dikenal sebagai penyanyi cilik. Namun, lama-kelamaan, Joshua mulai menepi dari dunia hiburan dan ia mulai merasakan adanya tekanan dari sejumlah pihak untuk tetap berkarya.

"Pressure datang ketika gue sudah tahu yang namanya fame, sudah tahu yang namanya uang. Baru ada fase di mana kayak orang ngebandingin karier gue saat itu sama karier masa kecil gue," ujar Joshua Suherman dengan wajah heran dikutip dari kanal YouTube The Leonardo's, Senin (21/9/2020).

"Kenapa harus lu bandingin ya. Maksudnya, pemain bola ketika di masa jaya terus pensiun, lu enggak bandingin gitu," lanjutnya.

Akan tetapi ia sadar sepertinya menjadi artis dituntut untuk selalu punya karier dan karya yang sama.

Joshua mengaku merasakan banyak yang membandingkan kariernya di masa anak-anak ketika ia mulai kelas 5 SD sampai 1 SMA.

"Gue kan enggak pernah merencanakan itu ketika gue turun dan pengin memulai hidup biasa, kenapa lu judge gue. Padahal emang gue penginnya gini," ucap Joshua Suherman.

Ia juga mengaku bukan orang yang ambisius untuk menyamakan ketenarannya di masa lalu.

"Tapi gue ngerasain banget ketika orang mulai ngomong gitu, ya emosi, karena memang ini yang gue mau kenapa lu anggap gue merasa ini bukan pilihan gue. Sampai akhirnya gue terbiasa. Udah mulai kebal lah sama cacian gitu," jelas Joshua Suherman.


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jadi Penyanyi Cilik Terkenal, Joshua Suherman Rasakan Tekanan Saat Beranjak Dewasa", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/hype/read/2020/09/21/140907866/jadi-penyanyi-cilik-terkenal-joshua-suherman-rasakan-tekanan-saat-beranjak.

SumberKOMPAS.com
PenulisAnas Fadly
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm