Ilustrasi cara membuat selai stroberi rumahan.
Ilustrasi cara membuat selai stroberi rumahan. ( SHUTTERSTOCK/KOSTASGR)

Hanya Dengan 3 Bahan , Berikut Cara Membuat Selai Stroberi Rumahan

22 September 2020 14:18 WIB

SonoraBangka.id - Biasanya selai stroberi menjadi olesan roti untuk sarapan. Membuat selai stroberi ala rumahan tidak memerlukan blender atau mixer. Cara membuat selai stroberi cukup masak buah stroberi, gula, dan lemon. Cukup siapkan panci atau wajan untuk mematangkan selai. Dilansir dari SPECTATOR LIFE, cara tersebut sama dengan yang tertera dalam buku resep De Re Coquinaria (The Art of Cooking) pada abad ke-1 Masehi. Buku inilah yang pertama kali memuat resep selai buah. Menurut buku tersebut, buah yang sudah lembut dimasak bersama gula atau madu. Kemudian biarkan dingin, baru disimpan. Penasaran ingin langsung praktik? Berikut cara membuat selai stroberi rumahan mengutip Food Network.

Resep selai stroberi

Bahan

  • 3 cup stroberi, hilangkan daun dan belah dua
  • 2 cup gula
  • 1 lemon ukuran besar, parut kulitnya dan peras

Cara membuat selai stroberi

  1. Siapkan panci. Masukkan gula, parutan kulit lemon, dan air perasan lemon. Masak dengan api kecil sampai 10 menit. Pastikan gula larut.
  2. Tambahkan stroberi, masak dengan api kecil selama 20 menit sampai mendidih. Masak sampai stroberi mengeluarkan jus.
  3. Masak hingga selai sedikit mengental dan teksturnya seperti jeli. Dinginkan sejenak.
  4. Masukkan selai ke dalam botol kaca bertutup. Simpan dalam kulkas. Selai stroberi siap dioles pada roti.

Tips mensterilkan botol kaca

  1. Botol harus terbuat dari kaca dan tidak retak. Botol disertai tutup bisa terbuat dari kaca, plastik, maupun metal. Tersedia pula segel karet pada tutupnya.
  2. Cuci botol kaca menggunakan air sabun panas. Letakkan botol dan tutup secara terpisah di nampang bersih, hadapkan ke atas.
  3. Panaskan oven pada suhu 80 derajat celsius, panggang botol dan tutupnya selama 25 menit. Selain oven, bisa gunakan panci. Rebus botol dan tutupnya selama 15 menit.
  4. Gunakan penjepit makanan untuk mengambil botol panas. Pastikan penjepit makanan juga steril. Caranya, celupkan dalam air mendidih selama beberapa menit.
  5. Selai panas masukkan ke botol panas, sedangkan selain dingin dalam botol dingin. Setelah botol steril, masukkan selai.

Pastikan semua alat yang digunakan pada proses ini steril. Kamu dapat mengetahui aturan sterilisasi botol atau kaleng melalui situs resmi United States Department of Agriculture (USDA).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Membuat Selai Stroberi Rumahan Tanpa Blender, Pakai 3 Bahan Saja", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/09/22/070700075/cara-membuat-selai-stroberi-rumahan-tanpa-blender-pakai-3-bahan-saja?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm