saus pasta
saus pasta ( PIXABAY/SHUTTERBUG75)

Sama- Sama Menggunakan Saus, Berikut Perbedaan Saus Pizza Dan Pasta

22 September 2020 15:21 WIB

SonoraBangka.id - Dua masakan Italia yang sama-sama menggunakan saus  adalah pizza dan pasta. Umumnya saus untuk pizza dan pasta berupa saus tomat. Namun, terdapat sejumlah perbedaan saus pizza dengan saus pasta. Dilansir dari My Recipes dan The Kitchn, perbedaan saus pizza dan pasta terletak dari cara membuat dan bumbu sausnya, seperti pada penjelasan di bawah ini.

1. Saus pizza

Saus pizza adalah saus tomat yang belum dimasak. Alasan saus pizza tidak dimasak untuk menghasilkan rasa pizza yang lebih enak. Rasa saus tomat akan lebih segar. Pasalnya, tomat dimasak sekali yaitu ketika dipanggang di dalam oven bersama dengan roti pizza.Saus pizza yang terbaik terbuat dari tomat murni yang dibumbui dengan garam dan merica. Ditambah pula bumbu lain seperti bawang putih, oregano, atau sedikit cuka anggur merah atau balsamic. Jika dilihat, konsistensi saus pizza lebih kental sebab pasta tomat tidak diencerkan.

2. Saus pasta

Saus pasta merupakan saus tomat yang dimasak dulu sebelum dicampur pasta. Tomat segar direbus perlahan dan ditambahkan bumbu saus pasta lainnya seperti daun basil hingga bayleaf. Saus tomat yang dimasak rasanya lebih kaya dan lebih manis. Metode membuat pasta yaitu pasta direbus kemudian dicampur dengan saus yang sudah matang. Oleh sebab itu saus pasta harus matang karena ia tidak dimasak setelah dicampur pasta. Perbedaan saus pizza dengan saus pasta selanjutnya terletak pada konsistensi. Biasanya saus pasta lebih cair daripada saus pizza. Konsistensi saus pasta yang lebih cair ini mempermudah pencampuran pasta dengan saus.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bedanya Saus Pizza dengan Saus Pasta, Cara Masak sampai Konsistensi", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/09/21/200800075/bedanya-saus-pizza-dengan-saus-pasta-cara-masak-sampai-konsistensi.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm