Busi motor Injeksi (zona435412)
Busi motor Injeksi (zona435412) ( kompas.com)

Menggunakan Busi Racing untuk Motor Harian, Justru Bikin Mubazir

22 September 2020 18:45 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Busi merupakan komponen yang penting pada mesin motor. Selain itu, busi juga memiliki peruntukannya masing-masing, ada yang khusus untuk balap, ada juga yang cocok untuk digunakan harian.

Lantas bagaimana dampaknya kalau motor yang biasa digunakan untuk keperluan harian, memakai busi untuk balap? Apakah pemilik kendaraan akan merasakan performa motor yang lebih baik?

Diko Oktaviano dari Technical Support NGK Busi Indonesia,  mengatakan, mengganti busi biasa dengan yang khusus balap pada motor harian tidak ada pengaruhnya pada performa motor.

“Memasang busi balap spesifikasinya harus disesuaikan dengan mesinnya. Kalau mesinnya tidak sesuai spesifikasinya, cenderung tidak ada efeknya,” kata Diko kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Diko juga menambahkan, harga busi untuk balap yang lebih mahal, malah akan membuat pemilik membuang-buang uang, karena tidak menimbulkan efek performa yang membaik. Jika memang mau pakai busi balap, modifikasi mesin juga perlu dilakukan.

“Perumpamaannya begini, busi balap akan bekerja optimal pada suhu yang tinggi. Sedangkan pada kondisi harian, suhu mesin tidak mencapai suhu tersebut, jadi hasilnya kurang optimal,” ucap Diko.

Bila memang mau meningkatkan performa motor harian, bisa dengan mengganti busi dengan bahan yang lebih baik, misalnya iridium. Tapi perlu diperhatikan juga dengan nomor suku cadangnya agar tidak terjadi masalah pada performa motornya.

“Ujung elektroda busi iridium yang kecil menjadikan bunga api lebih fokus, sehingga pembakarannya lebih baik dan awet,” kata Endro Sutarno dari Technical Service Division PT. Astra Honda Motor,  kepada Kompas.com.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pakai Busi Racing untuk Motor Harian, Malah Mubazir", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2020/09/21/192100915/pakai-busi-racing-untuk-motor-harian-malah-mubazir.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm