Jas hujan ponco (Foto: GridOto.com)
Jas hujan ponco (Foto: GridOto.com) ( kompas.com)

Jas Hujan Model Ponco Bisa Menyebabkan Celaka, Fakta Atau Mitos?

24 September 2020 18:41 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Memasuki musim hujan pengendara sepeda motor harus menyiapkan sejumlah perlengkapan untuk menunjang aktivitas berkendara. Termasuk dalam pemilihan jas hujan yang aman dipakai riding.

Koordinator Jaringan Aksi Keselamatan Jalan (Jarak Aman), Edo Rusyanto, mengingatkan, pilihlah jas hujan two piece (baju dan celana), bukan ponco atau semacamnya.

Menurut Edo, jas hujan model ponco bisa menyebabkan celaka dan membuat penggunanya kesulitan mengendarai motor.

“ Jas hujan yang ideal sebaiknya tidak menghambat gerak tangan, kaki, kepala, sehingga seluru tubuh ketika bersepeda motor,” ucap Edo, kepada Kompas.com belum lama ini.

Edo mengatakan, jas hujan model ponco sebetulnya dirancang untuk pejalan kaki, bukan pengendara motor.

Jas hujan ponco tidak tertutup semua dan rentan terkena terpaan angin. Membuat pengguna jas hujan model ini berisiko lebih tinggi mengalami kecelakaan, terutama saat digunakan riding.

“Sudah banyak kejadian pengendara yang terjatuh akibat jas hujan ponconya tersangkut di gir atau kendaraan lain,” ujar Edo.

“Model yang jadi pilihan tentu saja jas hujan yang terdiri atas bagian celana dan jaket, bukan ponco,” kata Edo.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mitos atau Fakta, Jas Hujan Model Ponco Bikin Celaka?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2020/09/23/172100915/mitos-atau-fakta-jas-hujan-model-ponco-bikin-celaka-.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm