Ilustrasi beragam jenis mi mentah.
Ilustrasi beragam jenis mi mentah. ( SHUTTERSTOCK/dolphfyn )

Agar Hasilnya Tidak Lembek Dan Lengket, Berikut Tips Membuat Olahan Mi

24 September 2020 19:58 WIB

SonoraBangka.id - Terdapat 4 jenis mi yang familier di Indonesia. Ada mi segar, basah, kering, dan instan.Mi merupakan bahan makanan yang kerap diolah menjadi beragam sajian. Mulai dari mi rebus, martabak, sampai nugget. Mi segar atau mi mentah, tidak mengalami proses tambahan setelah tahap pemotongan. Sementara mi basah mengalami proses perebusan setelah pemotongan. Mi kering merupakan mi segar yang dikeringkan. Selanjutnya mi instan adalah mi kering yang diberi tambahan bahan. Proses ini memengaruhi bentuk khas mi yang langsung siap seduh. Cara membuat mi supaya hasilnya tidak lembek maupun lengket dijelaskan oleh Lilly T. Erwin melalui bukunya "Mi Goreng Dan Mi Rebus Populer Daerah" (2013) yang diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama.

Pakai mi yang masih baru

Ciri-ciri mi masih baru yaitu kemasan dalam keadaan baik atau tidak berlubang. Selanjutnya bau tidak apek dan teksturnya masih lembut.

Siram air panas

sebelum diolah Sebaiknya siram mi dengan air panas sebelum diolah. Langkah ini bertujuan agar kebersihan mi terjaga. Selain itu, air panas akan menghilangkan lapisan tepung dan minyak sehingga membuat mi lebih lembut.

Rendam mi kering

Sebelum mengolah mi kering, rendam dulu dengan air panas. Namun, pastikan tidak memakai air mendidih. Cukup air bersuhu sekitar 70 derajat celsius. Durasi merendam jangan terlalu lama. Hanya perlu waktu 15-20 menit. Setelah itu, segera angkat dan tiriskan.

Rebus mi mentah

Mi mentah perlu direbus sebentar dalam air mendidih. Pastikan semua bagian mi terendam air sewaktu proses merebus. Rebus mi mentah tidak lebih dari 5 menit. Kalau sudah, cepat angkat dan tiriskan.

Masak mi goreng dan rebus dengan tepat

Apabila membuat mi goreng, sebaiknya menggunakan wajan anti lengket. Bertujuan agar mi tidak lengket atau menggumpal. Sementara itu, kalau membuat mi rebus masak paling lama 1 jam sebelum dihidangkan. Pasalnya, kalau lebih lama dari 1 jam dapat membuat mi terlalu lunak.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tips Membuat Olahan Mi agar Hasilnya Tidak Lembek", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2020/09/24/114057175/tips-membuat-olahan-mi-agar-hasilnya-tidak-lembek?page=all#page2.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm